IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASI SEKOLAH (MBS) DI SD SPK NEW ZEALAND SCHOOL

Rizky Diannisa, Neti Karnati, Supadi Supadi

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to determine the implementation of School-Based Management (MBS) in the New Zealand School-Joint Cooperative School (SPK) Elementary School Jakarta. The data collection methods are through documentation method, interview and observation. Based on the descriptive analysis, overall, SPK New Zealand School Elementary School Jakarta has well implement MBS. The finding can be seen from the management of facilities and infrastructure; they follow the predefined procedure, in managing the students, teachers and staffs management were conducted accountably and transparent. The supporting factor in implementing MBS in SPK New Zealand School Elementary School Jakarta is the participation of the community, and almost every aspect meet the academic qualification. Meanwhile, the obstacle was the shortage of teachers.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  menganalisa penerapan manajemen sekolah (MBS) di Sekolah Dasar (SD) New Zealand School of Education (SPK) New Zealand School Jakarta beserta hal-hal yang mendudukung dan menghambat dalam pelaksanaan MBS di SD SPK New Zealand School Jakarta. Metode pengumpulan data: metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif,  SD SPK New Zealand secara keseluruhan Jakarta berprestasi baik dalam MBS. Hal ini terlihat dalam pengelolaan sarana dan prasarana yang dilakukan sesuai dengan proses yang telah ditetapkan, dalam pengelolaan siswa, guru dan tenaga kependidikan yang dilakukan secara transparan dan tanggung jawab. Faktor pendukung dalam pelaksanaan MBS di SD School SPK New Zealand Jakarta adalah keterlibatan masyarakat, dan hampir semuanya memiliki tingkat pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya jumlah guru di kelas.


Keywords


manajemen berbasis sekolah; sarana prasarana; siswa; pendidik dan tenaga kependidikan; school-based management; facilities & infrastructure; student; teachers and education personnel

Full Text:

PDF

References


Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi

Triwiyanto, T. (2015). Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan untuk penilaian kinerja manajerial kepala sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1).

Rakhmawati, I. (2018). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dengan Partisipasi Stakeholder Sebagai Variabel Moderasi. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(1), 95-112.

Amirin, Tatang M., dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Widyastuti, A., Simarmata, J., Meirista, E., Susanti, S. S., Dwiyanto, H., Rosyidah, M., & Wula, P. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan. Yayasan Kita Menulis.

Nurkolis, Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi, (Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2003), h. 1

Pasaribu, A. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1).

Rusdiyanto, R. (2011). Manajemen pembelajaran out door dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah di SMP Alam Ar-Ridho Semarang (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002)

Manajemen sarana dan prasarana pendidi-kan bertugas mengatur dan menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi secara optimal pada jalannya proses pendidikan

Tatang M. Amirin, dkk., Manajemen Pendidikan. (Yogyakarta: UNY Press, 2011), h. 50.

Hayati, H. (2017). Pengaruh Kepribadian dan Komunikasi Guru terhadap Minat Belajar Siswa SMA Nusantara (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Diannisa, R. D. R. (2021). Implementasi Manajemen Berbasi Sekolah (Mbs) Di Sd Spk New Zealand School. SNHRP, 3, 489-501.

Muhammad, S., & Rahman, M. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Edukasi, 15(1).

Agus Wibowo, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2013), h. 131.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v17i2.182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com