PERANAN PERHATIAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULUS KECERDASAN KOGNISI ANAK

Nofi Maria Krisnawati

Abstract


Abstract
The research on the role of parents in stimulating children cognitive intelligence aims to uncover parents attention to the children cognitive intelligence, namely the result of learning. It is a non-experiment qualitative research examined to 33 students the fourth grade in social sciences subject. The date is qualitatively and descriptively analysed. The result shows that parents attention influences the stimulus of children cognitive intelligence. It can be concluded from the result of student learning. The result is in line with calculated-t hypothesis greater than ttabel with dk = n-k = 33-2 =31 on significant level 0,05. A one-tailed test is 1.695 meaning t value (17,447) is greater than ttabel (1,695). It means Ho rejected. Therefore, the hypothesis is sound that parents attention contributes positively to the stimulus of children cognitive intelligence. It can be seen form the student result of learning. In other word, the more attention the parent give to the children, the better the result of children’s learning and vice versa.

Abstrak
Penelitian peranan perhatian orang tua dalam menstimulus kecerdasan kognisi anak bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kecerdasan kognisi anak yang berupa hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non experiment yang diujicobakan kepada 33 peserta didik kelas IV mata pelajaran IPS, sedangkan data dianalisis secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan perhatian orang tua mempengaruhi stimulus kecerdasan kognisi anak, dapat dilihat dari hasil belajar siswa IPS. Hal ini sesuai dengan pengujian hipotesis t hitung yang lebih besar dari ttabel dengan dk = n-k = 33-2 =31 pada taraf signifikansi 0,05 uji satu sisi adalah 1.695 yang berarti thitung (17,447) lebih besar dari ttabel (1,695) hal ini berarti Ho ditolak. Dengan demikian hipotesis penelitian terbukti kebenarannya bahwa Perhatian Orang Tua berpengaruh positif terhadap stimulus kecerdasan kognisi anak yang berupa hasil belajar siswa. Simpulannya bahwa adanya pengaruh perhatian orang tua dalam menstimulus kecerdasan kognisi anak, yang mana semakin tinggi perhatian orang tua, maka cenderung semakin tampak kecerdasan anak dari segi hasil belajarnya, sebaliknya semakin rendah perhatian orang tua maka semakin rendah pula hasil belajarnya.

Keywords


Perhatian orang tua; Stimulus; Kecerdasan Kognisi

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. (Jakarta: Bestari Buana Murni).

Agus Irianto. 2007. Statistik: Konsep Dasar & Aplikasinya. (Jakarta: Kencana Prenata Media Group).

Agus Suprijono. 2013. Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. (Jakarta: Pustaka Pelajar).

Amstrong, Thomas. 2011. The Best School: Mendidik Siswa Menjadi Insan Cendekia Seutuhnya. (Bandung: Kaifa).

Anderson L.W. and Krathwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Anita Lie, Takim Andriono, Sarah Prasasti. 2014. Menjadi Sekolah Terbaik: Praktik-praktik Strategi dalam Pendidikan. (Jakarta: Penerbit TANOTO Foundation).

Chairinniza. 2017. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo).

Dimyati, Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Penerbit Rineka Cipta).

Faisal Yatim. 2005. 30 Gangguan Kesehatan Pada Anak Usia Sekolah. (Jakarta: Pustaka Populer Obor).

Feisal Jusuf Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. (Jakarta: Gema Insani Press).

Hasan, Muhammad Tholchah et. all. 2003. Metode penelitian Kualitatif: TinjauanTeoritis dan Praktis. (Surabaya: Visipress Offset).

Hendra Surya. 2009. Menjadi Manusia Pembelajar. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo).

Hendra Surya. 2007. Percaya Diri Itu Penting: Peran Orang Tua dalam Membangun Percaya Diri Anak. (Jakarta: PT Elex Media Komputindo).

Imam. 2013. Metode Penelitian. (Jakarta: UNINDRA PRESS).

Komisi Perlindungan Anak. 2004. Undang-undang Perlindungan Anak. (Jakarta: New Merah Putih).

Nana Syaodih Sukmadinata. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. (Jakarta: Kementerian Agama).

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).

Redi Panuju. 1995. Komunikasi Bisnis. (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama).

Saminanto. 2010. Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). (Semarang: RaSAIL Media Group).

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada)

Siti Partini. 1997. Psikologi Perkembangan. (Yogyakarta: Universitas Negeri Malang).

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. (Jakarta: Rineka Cipta).

Soeparwoto. 2007. Psikologi Perkembangan. (Semarang: UPT UNNES PRESS).

Sri Esti Wuryani. 2012. Psikologi Pendidikan. (Jakarta: Grasindo).

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta).

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta).

Tabrani Rusyan dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Tim Dosen PAI STIT Muhammadiyah Berau. 2016. Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam. (Yogyakarta: Deepublish).

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UP. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. (Bandung: PT. Iperial Bhakti Utama).

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003. 2006. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Bandung: Citra Umbara).




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v16i1.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com