Pengaruh Persepsi Tunjangan Profesi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tangerang

Zaharah Zaharah

Abstract


Government policy by giving professional subsidy for teachers significantly increases number of scholars who would choose their profession as teachers. However in Indonesia, the number of certified teachers is not equally followed by qualities of education. Presence of professional subsidy for teachers becomes not related to the increase of teachers performance. This irony is firmed in this research by case study in State Islamic Senior High School 2 Tangerang. Relation between presence of subsidy and teachers performance is confirmed to be weak. More influences to increase of teachers performance are found in competition.

Keywords: Certification, Professional Subsidy, Motivation







Abstrak
Kebijakan pemerintah dengan memberikan tunjangan profesi kepada para guru secara signifikan menaikkan jumlah sarjana yang ingin berprofesi menjadi guru. Namun demikian, banyaknya guru tersertifikasi belum berbanding lurus dengan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Adanya tunjangan profesi guru menjadi sesuatu yang tidak berkaitan dengan kinerja guru yang makin membaik. Ironi ini dipertegas dalam penelitian ini dengan mengambil studi kasus di MAN 2 Tangerang. Hubungan antara keberadaan tunjangan dengan kinerja guru dinyatakan lemah. Justru variable kompetensi lebih besar pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja guru tersebut.

Kata Kunci: Sertifikasi, Tunjangan profesi, Motivas

Full Text:

PDF

References


Amir, Tengku Ramly, Menjadi Guru Idola, Mengajar dari Kedalaman Cinta, Bekasi: Pustaka Inti, 2005.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta. t.t.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2002.

Dryden, Gordon dan Vos Jeannette, The Learning Revolution, Selandia Baru: The Learning Web, Penyunting: Ahmad Baiquni, 2003, Bandung: PT Mizan Pustaka, 1999.

Hamlik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2002.

Hernowo, Menjadi Guru Yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan, Bandung: MLC, 2005.

Ibrahim, Bafadal, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara. 2004.

Ihsan, Fuad, Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.

Kholijah, Nyayu, Kinerja Guru Pasca Sertifikasi, Palembang: IAIN Raden Fatah, 2012.

Kunto, Suharsimi Ari, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2005.

Nggermanto, Agus, Quantum Quotien, Kecerdasan Quantum, Cara Praktis, 2003.

Pidarta, Made, Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Riduwan, Dasar-dasar Statistik, Bandung: AlfaBeta, 2003.

Ruky, Ahmad, Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Simamora, Bilson, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Surabaya: Pustaka Utama, 2000.

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v11i2.72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com