Strategi Pengembangan Nilai Toleransi dan Pluralisme dalam Pendidikan Pesantren

Kholilur Rahman

Abstract


Abstrct
This article discusses about the tolerance among religious people in Polagan Madura. It is relevant to be reviewed in the midst of intolerance discussion and violence in the name of religion which increases more and more in Indonesia. One thing is important that it can be split of phenomena between what happened in the society and what informs in the mass media or the result of research. Because it’s recognized or not, in a thousand hamlets and villages of Indonesia, Religious conflicts especially among religious people are rarely happened. The discussion in this study will be started by the constructions of tolerance values generally and then continued by study about tolerance values in Polagan Village which is closed historically and sociologically till the end of steps about tolerance exhibition run by Polagan society many years.

Keywords: Tolerance, Pluralism, Multiculturalism


Abstrak
Artikel ini akan mencoba mengangkat tentang toleransi antar umat beragama di Polagan Madura. Tulisan ini menjadi relevan untuk dikaji di tengah maraknya pembahasan intoleransi dan kekerasan atas nama agama yang semakin meningkat di Indonesia. Satuhalpentingyangingindiketengahkan adalahagar tidak lagi terjadi split of phenomena, antara yang terjadi dalam masyarakat dengan apa yang diberitakan media masa ataupun hasil riset. Karenadiakuiataupuntidak, di ribuandusundandesa- desa Indonesia, konflik keberagamaan –khususnya antar umat beragama– sangat jarang terjadi. Pembahasan dalam tulisan ini akan dimulai dengan konstruksi nilai toleransi secara umum dan kemudian dilanjutkan dengan studi tentang nilai toleransi di Desa Polagan yang didekati secara historis dan sosiologis sampai pada tahapan akhir tentang tolerance exhibition yang dijalankan oleh masyarakat Polagan selama bertahun-tahun.

Kata Kunci: Toleransi, Pluralisme, Multikulturalisme

Full Text:

PDF

References


Aly, Abdullah, Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren, Telaah Terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta, Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Ata Ujan, Andre, Multikulturalisme Belajar Hidup Bersama dalam Perbedaan, Jakarta: PT. Indeks, 2011.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Meliniu, III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Cecep Lukman Yasin, R., Polemik Kitab Suci Tafsir Reformasi Atas Kritik al-Qur an Terhadap Agama Lain, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Coleman, James, Foundation of Social Theory, Cambridge: Biknap Press of Harvard University Press, 1990.

Dawam Raharjo, M. Merayakan Kemajemukan Kebebasan dan Kebangsaan, Jakarta: Kencana, 2010.

Fathi Osman, Mohamed, Islam, Pluralisme, dan Toleransi Keagamaan. Pandangan al-Qur’an, Kemanusiaan, Sejarah, dan Peradaban, Terj. Irfan Abu Bakar. Jakarta: Paramadina. 2006.

Fethullah Gulen, M., Toward a Global Civilization of Love and Tolerance. New Jersey. Tughra Books, 2009.

Friedmann, Yohanan, Tolerance and Coercion in Islam; Interfaith Relataition in The Muslim Tradition. Cambridge: Cambridge University Press, 2003.

Geovani, Jeffrie, The Pluralism Project, potret Pemilu, Demokrasi dan Islam di Amerika. Jakarta: Mizan Publika, 2013.

Hanafi, Hasan, Islam in The Modern World: Tradition, Revolution and Culture Vol.II. Kairo: Dar Keba Bookshop. 2000.

Harahap, Syahrin. Teologi Kerukunan, Jakarta: Prenada. 2011. Hilmy, Masdar: Islam Profetik Substansiasi Nilai-Niali Agama Dalam

Ruang Publik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. 2012.

Hisyam, Muhammad Ed. Budaya Kewargaan Komunitas Islam di

Daerah Rawan Konflik. Jakarta: LIPI. 2006.

J. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Kuntowijoyo. Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan. 1998.

Maksum, Ali. Pluralisme dan Multikulturalisme Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing. 2011.

Masduki, Irwan. Berislam Secara Toleran Teologi Kerukunan Umat Beragama. Bandung: Mizan. 2011.

Misrawi, Zuhairi. Al-Qur an Kitab Toleransi, Inklusivisme, Pluralisme dan Multikulturalisme. Jakarta: Fitrah. 2007.

Mujiburrahman. Mengindonesiakan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2008.

Munawar Rahman, Budhy. Reorientasi Pembaharuan Islam, Skularisme, Liberalisem dan Pluralisme Peradaban Baru Islam Indonesia. Jakarta: LSAF-Paramadina. 2010.

Nurul Ikhsan Saleh, M. Peace Education Kajian Sejarah, Konsep, dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.

Ritzer, George & Douglas J. Goodman. Modern Sociological Theory.

Jakarta: Kencana. 2010.

Sabri, Muhammad. Keberagamaan Yang Saling Menyapa, Prespektif Filsafat Perennial. Yogyakarta: ITTAQA Press. 1999.

Shihab, Alwi. Islam Inklusif Menuju Sikap Terbuka Dalam Beragama.

Bandung. Mizan: 1997.

Sumartana at al. Pluralisme, Konflik, dan Pendidikan Agama di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2001.

Tim Penyusun. Toleransi dalam Pasungan : Pandangan Generasi Muda terhadap Masalah Kebangsaan, Pluralitas dan Kepemimpinan Nasional. Jakarta: SETARA Institute. 2008.

Yamin, Moh. & Vivi Auliya. Meretas Pendidikan Toleransi, Plurasisme dan Multikulturalisme Keniscayaan Peradaban. Malang: Madani Media. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v12i1.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com