PENDIDIKAN MODERAT: PENDEKATAN ISLAM WASATHIYAH DALAM MENANGKAL INTOLERANSI DAN RADIKALISME

Mansur Mansur, Mohammad Hermanto, Maftuhah Maftuhah

Abstract


Abstract

This article aims to strengthen the educational discourse on counter-radicalization and intolerance that are threats to the world of education today. This phenomenon requires systematic efforts to inculcate the values of religious moderation or wasathiyah Islam through education. Using a critical discourse analysis approach, this study further explores how fundamentalism, radical, and intolerance ideas can be countered through the foundation of wasathiyah Islam and counter-radical education in the educational environment. The findings in this study suggest that Islamic wasathiyah values such as moderation (tawassuth), tolerance (tasamuh) and brotherhood (ukhuwah) need to be applied in education and included in the educational curriculum in conjunction with various subjects.

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memperkuat wacana pendidikan mengenai kontra radikalisasi dan intoleransi yang menjadi ancaman dunia pendidikan saat ini. Fenomena ini memerlukan upaya yang sistematis untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama atau Islam wasathiyah melalui pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis, penelitian ini mengeksplorasi lebih jauh bagaimana ide-ide fundamentalisme, radikal, dan intoleransi dapat dilawan melalui landasan Islam wasathiyah dan pendidikan kontra-radikal dalam lingkungan pendidikan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai wasatiyah Islam seperti moderasi (tawassuth), toleransi (tasamuh) dan persaudaraan (ukhuwah) perlu diterapkan dalam pendidikan dan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan dalam hubungannya dengan berbagai mata pelajaran.


Keywords


radicalism; wasathiyah Islam; education; radikalisme; Islam wasathiyah; pendidikan

Full Text:

PDF

References


Alhairi. (2017). “Pendidikan Anti Radikalisme: Ikhtiar Memangkas Gerakan Radikal”. Tarbawi, 14 no. 2: 117-118. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.617

Al-Hisyam, Muhammad Ibn. (1990). Al-Sirah al-Nabawiyyah. vol. 2. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Arabi.

al-Qardhawi, Yusuf. (2001). Al-Shahwah al-Islamiyah bayn al-Juhud wa al-Thatharruf . Kairo: Bank al-Taqwa.

Al-Shallaby, Ali Muhammad. (2007). Al-Wasathiyah fi al-Qur’an al-Karim. Kairo: Muassasah Iqra’.

Anggraini, Syifa Nur., Arif Rahman., Tri Martono., Anton R Kurniawan., & Alisa Nur Febriyani. (2022). “Strategi Pendidikan Multikulturalisme dalam Merespon Paham Radikalisme.” Jurnal Jendela Pendidikan, 2 no. 01: 30–39. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.93

Hadi, Sofyan. (2019). “Urgensi Nilai-Nilai Moderat Islam dalam Lembaga Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Kajian Agama Hukum dan Pendidikan Islam (KAHPI), 1 no. 1: 1-13. http://dx.doi.org/10.32493/kahpi.v1i1.p1-13.2904

Khoiriyah. (2019). “Pendidikan Anti-Radikalisme dan Strategi Menghadapinya: Ikhtiar Menyusutkan Gerakan Radikalisme di Indonesia”. Tarbiyatuna 3, no. 2: https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.263

Laila, Azzah Nor., & Fathur Rohman. (2018). “Pesantren Amtsilati Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Radikalisme di Jepara”. Al-Fikri 1, no. 2 (2018). http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3205

Mahfud, Sahal., Yunita Dwi Pristiani., & Suratman. (2022). “Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Pondok Pesantren Lirboyo dalam Upaya Menangkal Radikalisme ”. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7 no. 2: 70 - 79. https://doi.org/10.29407/pn.v7i2.18493

Mahmudin, Afif Syaiful. (2019). “Pendidikan Islam Dan Kesadaran Pluralisme”. Journal Ta'limuna, 7 no. 1: 24-44. http://dx.doi.org/10.32478/ta.v7i1.146

Muchith, Muhammad Saekan. (2016). “Radikalisme dalam Dunia Pendidikan”. Addin: Media Dialektika Ilmu Islam, 10 no. 1. http://dx.doi.org/10.21043/addin.v10i1.1133

Muzakki, Ahmad., & Ahdiyat Agus Susila. (2022). “Menggali Nilai-Nilai Islam Wasathiyah dalam Kitab-Kitab Pesantren Sebagai Modalitas Mewujudkan Perdamaian Dunia.” Humanistika: Jurnal Keislaman, 8 no. 2: 176-203. https://doi.org/10.55210/humanistika.v8i2.833

Rokhmad, Abu. (2018). “Buku dan Penyebaran Ideologi Radikal di Lembaga Pendidikan”. International Journal Ihya' 'Ulum al-Din, 20 no. 1: 41-62. https://doi.org/10.21580/ihya.20.1.2745

Saifuddin., Hajar N Wachidah., & M. Syarif. (2022). “Meruntuhkan Narasi Radikalisme (Studi Tentang Ayat-Ayat Moderasi Beragama dalam Alquran).” Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6 no. 1: 945-955. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.374

Salim, Nur., Suryanto., & Agus Widodo. (2018). “Pencegahan Paham Radikalisme Dan Terorisme Melalui Pendidikan Multikulturalisme Pada Siswa MAN Kediri I”. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2 no. 1: 99-107. https://doi.org/10.29407/ja.v2i1.11988

Setara Institute. (2016). Toleransi Siswa SMA Negeri di Jakarta dan Bandung Raya. Laporan Survei Tahun 2016. https://setara-institute.org/siaran-pers-tentang-laporan-survei-toleransi-siswa-sma-negeri-jakarta-bandung-raya/

Shihab, M. Quraish. (2019), Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Tangerang: Lentera Hati.

Sya’roni, M. (2019). “Strategi Integrasi Pendidikan Anti Radikalisme Dalam Kurikulum SMA/MA.” Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran Dan Pengembangan, 1 no. 01: 37–45. https://doi.org/10.55273/karangan.v1i01.6

Thohir, Muhammad. (2015). “Radikalisme Versus Pendidikan Agama Menggali Akar Radikalisme dari Kekerasan Terhadap Anak Atas Nama Pendidikan Agama. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 9 no. 2: 167 - 182. https://doi.org/10.21580/nw.2015.9.2.521

Tim Penulis. (2018). Menangkal Radikalisme dalam Pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Penulis. (2018). Menjaga Benteng Kebinekaan di Sekolah. Jakarta: Maarif Institute for Culture and Humanity/

Zainab, Nurul. (2020). “Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Analisis Model Kurikulum Rahmatan Lil Alamin”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15 no. 2: 168-183. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.4022




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v19i2.248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com