PROFESIONALISME GURU REGULER DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF
Abstract
Regular or public teacher requires a collaboration professionally to provide learning to the disabled children in the inclusive school. The research aims to explain the method to make assessment correctly and learning strategy for disabled students. The study is crucial to be conducted because it can increase regular teachers' professionalism in handling disabled children. Based on the Ministry of Education and Culture data in 2015/2016 in dapodik, the number of Junior High School (SMP) held inclusive education was 3,817 schools. According to Dunn, the method used in this research is the policy analysis method with normative and descriptive analysis.
Guru pendidikan reguler atau umum memerlukan suatu kolaborasi dengan professional dalam memberikan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan cara melakukan asesmen yang benar dan strategi pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini penting dilakukan karena secara khusus dalam meningkatkan profesionalisme guru reguler dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan data Kemendikbud yang berupa dapodik tahun pelajaran 2015/2016 menunjukkan bahwa jumlah sekolah menengah pertama (SMP) yang menyelenggarakan pendidikan inklusif di seluruh Indonesia berjumlah 3.817 sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kebijakan menurut Dunn, dengan analisis deskriptif dan normatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bidang Pendayagunaan dan Pelayanan Data, 2016, Gambaran sekolah inklusif di Indonesia: Tinjauan Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan.
Departemen Pendidikan Nasional, 2004, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Inklusif Mengenal Pendidikan Terpadu. Jakarta: Depdiknas.
Garnida, D., 2015, Pengantar Pendidikan Inklusif, Bandung: Refika Aditama.
Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, Pasal 31.
James McLeskey, Rosenberg, Michael S., & Westling, David L., 2013, Inclusion: Effective Practices for All Students Second Edition, United States: Pearson.
Sari Rudiyati. (2013). “Keberadaan Guru Pendidikan Khusus/Guru Pembimbing Khusus di Sekolah Inklusif ”, Prosiding, Seminar Nasional Pendidikan Khusus: Implementasi Pendidikan Inklusif yang Berkarakter Menyongsong Kurikulum Nasional 2013. Padang: FIP Universitas Padang.
Winda, A., 2013. Anak Berkebutuhan Khusus, https://windaandria13.wordpress.com /2013/06/14/anak-berkebutuhan-khusus/, (diakses 30 april 2018).
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v17i1.180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com