Kompetensi Pendidikan Agama dalam Surat Al-'Alaq Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shibah
Abstract
Religious Educators based on Q.S. Al-‘Alaq's perspective on the
Tafsir al-Misbah by M. Quraish Shihab. Research that uses the
Pure library research method. The results of this study obtained
data that the competence of religious educators in the Q.S. al-‘Alaq
perspective of Tafsir Al-Misbah by M. Quraish Shihab consists of
pedagogic competence, personality competence, social competence,
and professional competence. This conclusion supports Article
10 of the Law of the Republic of Indonesia number 14 of 2005
concerning teacher competencies.
Keywords: Competence, Religious Educator, Surat al-‘Alaq, Tafsir
al-Misbah
penelitian ini adalah untuk mengetahui Kompetensi
Pendidik Agama berdasarkan Q.S. Al-Alaq perspektif tafsir al-
Misbah karya M. Quraish Shihab. Penelitian yang menggunakan
metode Pure library research. Hasil penelitian ini memperoleh
data bahwa kompetensi pendidik agama dalam Q.S. al-‘Alaq
perspektif tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab terdiri dari
kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi
sosial, dan kompetensi profesional. Kesimpulan ini mendukung
Pasal 10 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun
2005 tentang kompetensi guru.
Kata Kunci: Kompetensi, Pendidik Agama, Surat al-‘Alaq, Tafsir
al-Misbah
Full Text:
PDFReferences
Anis, Muhammad. Tafsir Ayat Pendidikan: Wahyu Pertama sebagai
Lonceng Kemajuan Peradaban Umat Manusia. Dalam
Antologi Kependidikan Islam: Kajian Pemikirran Pendidikan
Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN
Sunan Kalijaga. 2010.
Arief, Armai. Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat
Pers. 2002
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 1996
Daradjat, Zakarya. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
_______. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta:
Ruhama. 1995.
Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.
Surabaya: Usaha Nasional. 1994.
Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan
Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.
Jakarta: Rajawali Pers. 2010.
Lajnah Pentashihah Mushaf Al-Qur’an. Pendidikan, Pembangunan
karakter, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:
Aku Bisa. 2012
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran
Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya. 2011.
Ni’am, Asrorun. Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta: eLSAS.
Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model
Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan.
Jakarta: Prenada Media. 2004.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Maudu’I: Atas Berbagai Persoalan Umat.
Bandung: Mizan. 2000
_______. Tafsir Al mishbah: Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an.
volume 7. Jakarta: Lentera Hati. 2002.
_______. Tafsir Al mishbah: Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an.
volume 8. Jakarta: Lentera Hati. 2002.
_______. Tafsir Al mishbah: Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an.
Juz Amma. Volume 15. Jakarta: Lentera Hati. 2002.
_______. Membumikan AL-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam
Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. 2013.
Suparlan. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publisshing.
Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Bandung:
Alfabeta. 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v15i2.135
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com