Pembaruan Hukum Kewarisan Islamdi Turki dan Somalia

Lilik Andaryuni

Abstract


If we look at the concept of inheritance in Turkey and Somalia, it is different from the determination which is set by the Al-Qur’an, it can even be said to deviate from the al-Qur’an. Turkey is the country with a Hanafi thought, and Somalia is the country with a Syafii thought but in the determination of its inheritance it stipulates the same division, in the meaning that women and men get the same share in terms of the distribution of inheritance, namely 1: 1.
Whether the formula 1: 1 mean that it has deviated from the provisions of the Qur’an, whether the formula 2: 1 which the Qur’an has set is not worth justice, then what are the inheritance of women rights in Turkish and Somali family law? What is the purpose of the renewal and what methods are used by the two countries in renewing family law and its progress from traditional figh?
These are the questiona which the authors try to answer by tracing various data sources with a focus on the discussion of Turkey and Somalia.
This article is a descriptive-comparative study, and the approach used is a normative approach, namely looking at the object of study from the perspective, the opinions of interpreters both traditional and contemporary, so that it can be found what methods the two countries use to carry out family law reform and its progress from traditional concepts.
Keywords: Renewal, Inheritance Law, Turkey - Somalia

Bila dicermati konsep kewarisan di Turki dan Somalia berbeda dengan ketentuan sebagaimana ditetapkan al-Qur’ān, bahkan bisa dikatakan menyimpang dari al-Qur’ān. Turki, negara yang bermazhab Hanafi, dan Somalia, negara dengan mazhab Syafi'i, tapi dalam ketentuan warisnya menetapkan pembagian yang sama, dalam artian perempuan dan laki-laki mendapatkan bagian yang sama dalam hal pembagian warisan, yakni 1: 1.
Apakah dengan formula 1: 1 tersebut berarti telah menyimpang dari ketentuan al-Qur’ān, apakah formula 2: 1 yang telah ditetapkan al-Qur’ān tidak bernilai keadilan, lalu bagaimanakah hak waris perempuan dalam hukum keluarga Turki dan Somalia? Apa tujuan pembaharuan dan metode apa yang digunakan oleh kedua negara tersebut dalam melakukan pembaharuan terhadap hukum keluarga dan keberanjakkannya dari fiqh tradisional?
Pertanyaan-pertanyaan inilah yang penulis coba jawab dengan melakukan penelusuran terhadap berbagai sumber data dengan fokus bahasan Turki dan Somalia..
Artikel ini merupakan kajian deskriptif-komparatif, dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif, yakni melihat objek kajian dari perspektif nas, pendapat para ahli tafsir baik tradisional maupun kontemporer, sehingga nantinya dapat ditemukan metode apa yang digunakan kedua negara tersebut dalam mengusung pembaharuan hukum keluarganya dan keberanjakkannya dari konsep tradisional.
Kata Kunci: Pembaharuan, Hukum Kewarisans, Turki-Somalia

Full Text:

PDF

References


Anderson, JND., Hukum Islam di Dunia Muslim, terj. Machnun Husein, Surabaya: Amapress, 1990.

, Islamic Law in the Muslim World, New York: New York State University Press, 1959.

Anderson, Norman, Law Reform in the Muslim World, New Jersey: University of London the Athone Press, 1976.

Anis, Ahmad, Women and Social Justice: Some Legal and Social Issues in Contemporary Muslim Society, cet. I, Islamabad: Institute of Policy Studies, 1991.

Apeldoorn, L.J. Van, Pengantar Ilmu Hukum, Jakarta: Pradnya Paramita,1990.

Azhar, Muhmamad, “Islam dan Sekularisasi Politik” dalam,

Mukaddimah, Jurnal Studi Islam, No. 11 Th. VII/2001.

Badawi, J., The Status of Women in Islam, Saudi Arabia: Gassim, 1991.

Barakat, Halimah,” The Arab Family and Challenge of Social Transformation, “ dalam Elizabeth Warnock Fernea (ed.), Women and Family in the Middle East, Texas: University of Texas Press, 1995.

Basyir, Ahmad Azhar, “Reaktualisasi, Pendekatan Sosiologis Tidak Selalu Relevan”, dalam Iqbal Abdurrahman Saimia (ed.), Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam, cet. I, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988.

Bek, Muhammad Khudari, Tarikh al-Tasyri’ al-Islami, Surabaya: Al- Hidayah, t.t.

Biyanto, Teori Siklus Peradaban, Yogyakarta: LPAM, 2004.

Coulson, Noel J., Conflicts and Tentions in Islamic Jurisprudence,

Chicago: The University Press,1969.

, Konflik Dalam Yurisprudensi Islam, terj. H. Fuad, Yogyakarta: Navila, 2001.

Succession in the Muslim Family, Cambridge: The University Press, 1971.

, A History of Islamic Law, Edinburgh; The University Press, 1964.

Cox, Harvey, The Secular City, New York: The Macmillan Company, 1966.

Dahlan, Abdul Aziz dkk., Ensiklopedi Hukum Islam, Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi, 2000.

El Alami, Dawod dan Doreen Hinchcliffe, Islamic Marriage and Divorce Law of The Arab World, London, the Hague, Boston: Kluwer Law International, 1996.

Engineer, Asghar Ali, Hak-hak Perempuan Dalam Islam, terj. Farid Wajdi dan Cici Farkha Assegaf, Yogyakarta: LSPPA Yayasan Parakarsa, 1994.

, The Rights of Women in Islam, Lahore, Karachi, islamabad, Peshawar: Vanguard Books (PVT) Ltd., 1992.

Esposito, John L., “Women in Islam and Muslim Societies”, dalam Yvonne Yazbeck Haddad dan John L. Esposito (ed.), Islam, Gender, and Social Change, New York: Oxford University Press, 1988.

, Women in Muslim Family Law, Syracruse: University Press, 1982.

,The Oxford Encyclopedia of The Modern World, New York : Oxford University Press, 1995.

Fakih, Mansour dkk., Membincang Feminisme; Diskursus Gender Perspektif Islam, Surabaya: Risalah Gusti, 1996.

Glasse, Cyril, Encyclopedi Islam, alih bahasa : Gufron A. Mas’adi, cet.

, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 199.

Hadikusuma, Hilman, Metode Pembuatan Kertas Kerja atau Skripsi Ilmu Hukum, Bandung: Mandar Manju, 1995.

Hatimi, Said Abdullah, Women in Islam: A Comparative Study, Lahore Pakistan: Islamic Publication Ltd., 1993.

Hazairin, Hukum Kewarisan Islam Bilateral Menurut Al-Qur’an dan Hadith, Jakarta: PT. Tirtamas, 1982.

Hijab, Nadia, “Women and Social Reform”, dalam John L. Esposito (ed.), The Oxford Encyclopedia, IV: 332.

Hitti, Philip K., History of Arabs from Earliest Times to the Present,

London: The Macmillan Press, 1974

Hosen, Ibrahim, ”Beberapa Catatan Tentang Reaktualisasi Hukum Islam”, dalam Wahyuni Nafis (ed.), Kontekstualisasi Ajaran Islam: 70 Tahun Prof. Dr. H. Munawir Sadzali, MA, ctk. I, Jakarta: Paramadina, 1995.

I Doi, Abdur Rahman, Women in Syari’ah (Islamic Law), edisi 4, Malaysia: AS Noordeen, 1992.

Ismail, Ahmad Satori, “ Fiqh Perempuan dan Feminisme,” dalam Mansour Fakih dkk., Membincang Feminisme; Diskursus Gender Perspektif Islam, Surabaya: Risalah Gusti, 1996.

Jawad, Haifaa A., The Rights of Women in Islam, cet. I, London: Macmillan Press Ltd., 1998

Ka’bah, Rifyal, “Bawalah kepada Kami al-Qur’an Yang Lain, atau Gantilah”, dalam Iqbal Abdurrahman Saimia (ed.), Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam, cet. I, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988

Katśīr, Ibnu, Tafsīr al-Qur’ān al-Karīm, Beirut: Dār Ihyā’ al-Kutub al-Arabiyah, t.t.

Keddie, Nikki R., “Introduction: Deciphering Middle Eastern Women‘s History”, dalam Nikki R. Keddie dan Beth Baron, Women in Middle Eastern History: Shifting Boundaries in Sex and Gender, London: Yale University, 1991.

Khallaf, Abdul Wahab, Ilmu Uşūl al-Fiqh, Kairo: Maktabah al- Dakwah al-Islāmiyyah, 1987.

Khan, Musthafa, Islamic Law of Inheritance: A New Approach, New Dehli: Kitab Bhavan, 1989.

Lapidus, Ira M., A History of Islamic Societies, Cambridge: Cambridge University Press, 1988.

, Sejarah Sosial Ummat Islam, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1999.

Leila, Ahmed, Wanita dan Gender dalam Islam: Akar-akar Historis Perdebatan Modern, terj. M.S. Nasrulloh, Jakarta: PT. Lentera Basritama, 2000.

Lewis, Bernard, The Political Language of Islam, Chicago & London: Chicago University Press, 1988.

Maḥmasanī, Subhī, Faqlsafah al-Tasyrī’ fī al-Islām, Beirut: Dār al- ‘Ilm li al-Malayīn, 1980.

Mahmood, Tahir, Family Law in the Muslim World, New Dehli: The Indian Law Institute, 1972.

, Personal Law in Islamic Countries, New Dehli: Tri Parthi, 1987.

Mas’ud, Muhamad Khalid, Filsafat Hukum Islam dan Perubahan Sosial, alih bahasa Yusdian W. Asmin, Surabaya: Al-Ikhlas, 1995.

Mas’udi, Masdar Farid F., Islam dan Hak-hak Reproduksi Perempuan; Dialog Fiqh Pemberdayaan, Bandung: Mizan, 1997.

Maududi, A.A., Purdah and The Status of Women in Islam, Pakistan: Islamic Publication Ltd., 1976.

Minhaji, Akh, Reformasi Hukum Islam dalam Perspektif Sejarah, dalam “Muhammadiyah dan Reformasi, Yogyakarta: Majelis Pustaka, 1999.

Mudzar, Atho’, “Letak Gagasan Reaktualisasi Hukum Islam Munawir Sadzali dalam Dunia Islam, “dalam Wahyuni Nafis (ed.), Kontekstualisasi Ajaran Islam: 70 Tahun Prof. Dr.

H. Munawir Sadzali, MA, ctk. I, Jakarta: Paramadina, 1995.

, Membaca Gelombang Ijtihad; Antara Tradisi dan Literasi, Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 1998.

, dan Khoiruddin Nasution (ed.), Hukum Keluarga di Dunia Islam Modern; Studi Perbandingan dan Keberanjakan UU Modern dari Kitab-kitab Fiqh, Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Muhammad, Abdullah Rabi Abdullah, al-Qaţ’iyyah wa al-Z}anniyah fī Uşūl al Fiqh al-Islāmiyah, ttp.: Dār al-Nayr, 1996.

Muhsin, Amina Wadud, Wanita di Dalam Al-Qur’ān, terj. Yaziar Radianti, Bandung: Pustaka, 1994.

Mulia, Siti Musdah, Jaringan Islam Liberal, (www. hukumonline, 01/09/2003.

, Muslimah Reformasi: Perempuan Pembaru Keagamaan, cet.

I, Bandung: Mizan, 2005.

Mundy, Martha, “The Family, Inheritance and Islam; A Re- examination of thr Sociology of Fara’id Law”, dalam Aziz Azmeh (ed.), Islamic Law; Social and Historical Contexts, London dan New York: Routledge, 1988.

Na’im, Abdullah Ahmad (ed.), Islamic Family Law in a Changing World: A Global Resource Book, London: Zed Book Ltd., 2002.

Nasir, Jamal J., The Islamic Law of Personal Status, cet. I, London dan Boston: Graham & Trotman Ltd., 1990.

Nasution, Khoiruddin, Fazlur Rahman tentang Wanita, Yogyakarta: Tazzafa dan Academia, 2002.

, “Sejarah Singkat Pembaruan Hukum Keluarga Muslim” dalam Atho’ Muzdhar dan Khoiruddin Nasution (ed.), Hukum Keluarga di Dunia Islam Modern; Studi Perbandingan dan Keberanjakan UU Modern dari Kitab-kitab Fikih, Jakarta: Ciputat Press, 2003.

, “Usul Fiqh: Sebuah Kajian Fiqh Perempuan” dalam Ainurrofiq (ed.), Mazhab Jogja; Menggagas Paradigma Ushul Fiqh Kontemporer, Yogjakarta: Ar-Ruzz bekerja sama dengan Fakultas Syari’ah IAIN Sunan Kalijaga, 2002.

Status Wanita di Asia Tenggara; Studi Terhadap Perundang- undangan Perkawinan Muslim Kontenporer di Indonesia dan Malaysia, Jakarta: INIS, 2002.

Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta: Bulan Bintang,1975.

Poerwadarminto, WJS., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: 1995.

Power, David S., Studies in Qur’anic and Hadith; The Formatuion of the Law of Inherince, terj. Arifin Maftuhun, Peralihan Kekayaan dan Politik Kekuasaan; Kritik Historis Hukum Waris, cet. I, Yogyakarta: LKiS, 2001.

Pringgidigno, A.G. dkk., Ensiklopedi Umum, Jakarta : Kanisius, 1973.

Al-Qāsimī, Jamāl al-Dīn, Tafsīr al-Qāsimī, Beirut: Dār al-Fikr, t.t. Rahman, Fatchur, Ilmu Waris, Bandung: PT. AlMa’arif, 1975.

Al-Razī, Fakhruddīn, Tafsīr al-Kabīr al-Musammā bi Mafātih al-Gaib, Beirut: Dār al-Fikr li al-Ţibā’ah wa al-Nasyr wa al-Ţauzī’, 1995.

Riḍā, Rasyīd, Panggilan Islam terhadap Wanita, terj. Afif Muhamad, Bandung: Pustaka, 1994

Rusli, Nasrun, Konsep Ijtihad As Syaukani; Relevansinya bagi Pembaruan Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Sadjali, Munawir, “Reaktulisasi Ajaran Islam”, dalam Iqbal Abdurrahman Saimia (ed.), Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam, cet. I, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988.

Schacht, Joseph, Pengantar Hukum Islam, alih bahasa Tim IAIN Raden Fatah Palembang, Jakarta: Ditjen Binbaga Islam DEPAG, 1985.

Al-S>{ābunī, Muh}ammad Ali, “Dari Lembah Kemiskinan”, dalam Muhamad Wahyuni Nafis (ed.), Kontekstalisasi Ajaran Islam: 70 Tahun Prof. Dr. H. Munawir Sadzali, MA, cet. I, Jakarta: Paramadina, 1995.

, al-Mawaris fi al-Syari’ah al-Islamiyah ‘ala Dzau’ al-Kitab wa al-Sunnah, terj. A.M. Basmalah, Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

, Ijtihad Kemanusiaan, Jakarta: Penerbit Paramadina, 1997.

, Hukum Waris, terj. Abd. Hamid Zahwan, Solo: Pustaka Mantiq, 1994.

, Pembagian Waris Menurut Islam, Jakarta: Gema Insabi Press, 1996.

, Tafsīr Ayāt al-Ah}kām, Beirut: Dār al-Fikr, t.t.

Al-Syarbibī, Muhammad al-Khātib, al-Iqnā’ fī Haq Alfāz} Abī Syujā’, cet. Terakhir, Mesir: Musţafā al-Bābi al-Halabī, 1940.

Al-Syaţibī, Abū Ishaq Ibrahīm, al-Muwāfaqāt fī Uşūl al-Aḥkām, ed. Muhammad al-Khudar Husein al-Ţulisī dan Muḥammad Husein Makluf, t.t.: Dār al-Rasyād al-Hadīsa, t.t.

Shihab, Umar, Kontekstualitas al-Qur’an: Kajian Tematik Atas Ayat- ayat Hukum dalam al-Qur’an, Jakarta: Penamadani, 2005.

Syalabi, Ahmad, Sejarah Pembinaan Hukum Islam, Jakarta: Djajamurni, t.t.

Soeroso, R., Perbandingan Hukum Perdata, Jakarta : Sinar Grafika, 1993.

Suma, Muhammad Amin, Hukum Keluarga Islam di Dunia Islam,

Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2004.

Al-Suyuţī, Jalāludīn Abdurrahmān, Al-’Asybah wa Al-Naḍaīr fī al- Furū’, Beirut: Dār al-Fikr, 1415/1995.

Syahrūr, Muḥammad, Al-Kitāb wa al-Qur’ān, Syria: Dār al-Ahāli li al-Ţibā’ah wa al-Nasyr wa al-Tauzī’, 1990.

Syarifuddin, Amir, Pelaksanaan Hukum Kewarisan Islam dalam Lingkungan Adat Minangkabau, Jakarta: Gunung Agung, 1984.

, Pembaharuan Pemikiran dalam Hukum Islam, Padang: Angkasa Raya, 1993.

Al-Ţabarī, Jāmi’ al-Bayān fī Tafsīr al-Qur’ān, Beirut: Dār al-Fikr, 1978.

, Tafsīr al-Ţabarī, Beirut: Dār al-Fikr, 1978.

Thalib, Sayuti, Hukum Kewarisan Islam di Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika, 1993.

Umar, Nasruddin, Argumen Kesetaraan Gender, Jakarta: Paramadina, 2001.

, “Perspektif Gender dalam Islam”, dalam Jurnal Islam Paramadina, Vol. I, No. 1, Juli-Desember, 1998, Jakarta: Paramadina, 1998.

Usman, Iskandar, Istihsan dan Pembaharuan Hukum Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1991.

Al-Wahidī , Abū al-Hasan ‘Ālī, Asbāb al-Nuzūl, ttp.: Dār al-Fikr, t.t. Watt, M., Islamic Political Thought, Edinburgh: Edinburgh University

Press, 1990.

, Muhammad at Medina, Oxford: Oxford University Press, 1988.

Yanggo, Huzaimah T., “ Pandangan Islam tentang Gender” dalam Mansour Fakih dkk., Membincang Feminisme; Diskursus Gender Perspektif Islam, Surabaya: Risalah Gusti, 1996. Zahrah, Muhamad Abu, Uşūl al-Fiqh, Beirut: Dār al-Fikr al- ‘Arabi0 fī al-‘Aqīdah wa al-Syarī’ah wa al-Minhāj, Beirut: Dār al-Fikr al-Mu’āşir, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v14i1.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com