Metode Pengajaran Karakter Yang Digunakan Rasulullah SAW Kepada Para Sahabat Dalam Kitab Shahih Muslim

Taufik Abdillah Syukur

Abstract


The research is talking about the prophet teaching method in building his companions character according to Shaheeh Muslim. And that result will explain about the complementation of prophet teaching method in shaping student character in the school.
This study depends on the sourced literature. The researcher qualitatively collects data, describes and analyzes it well. This research is about the character teaching method depends on the prophetic tradition (al-Hadits). The researcher classifies the hadits based on nation character, analyzes that results and relates things with the main project.
The result indicates that the most widely used method of the prophetinshapinghiscompanionscharacteristhemethodofstory, question & answer, and also lecturer. He also used another variety method such as problem solving, assignment, demonstration and fieldtrip. In shaping his companions character he did not use the method of discussion, experiment, and project.
Researcher recommends all teachers to control and widely explore those three methods (stories, discussion, and lecturer) and integrate love, friends/ communicative, and care character as the main student character in process character education at school.
Keywords: Prophet, Teaching method, Character, Shaheeh Muslim


Penelitian ini membahas tentang tentang metode pengajaran karakter yang digunakan Rasulullah SAW. kepada para shahabat dalam kitab Shahih Muslim dan implementasinya dalam pendidikan karakter di sekolah.
Penelitian ini menggunakan kajian pustaka yang bersumber dari kepustakaan. Peneliti mengumpulkan data yang bercorak kualitatif yang dideskripsikan untuk kemudian dianalisis. Penelitian ini seputar masalah metode pengajaran karakter yang mengambilhaditssebagaipijakannya. Adapununtukmenganalisa masalah, peneliti mengklasifikasikan hadits-hadits berdasarkan teori pendidikan karakter dan metode pengajaran. Kemudian menganalisis hasil klasifikasi tersebut dan menghubungkannya dengan pokok pembahasan.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa metode yang paling banyak digunakan Rasulullah SAW. dalam pendidikan karakter shahabat adalah metode cerita, tanya jawab dan ceramah. Rasulullah SAW. juga menggunakan metode lain walaupun tidak banyak seperti pemecahan masalah, penugasan, demostrasi dan karyawisata. Rasulullah SAW. tidak menggunakan metode diskusi, eksperimen dan proyek dalam pendidikan karakter shahabat.
Peneliti merekomendasikan agar para guru pengampu pendidikan karakter untuk menguasai tiga metode pengajaran yaitu cerita, tanya jawab dan ceramah serta mengintegrasikan karakter cinta, bersahabat/komunikatif dan peduli dalam proses pendidikan karakter di sekolah.
Kata Kunci: Nabi, Metode pengajaran, Karakter, Shahih Muslim

Full Text:

PDF

References


Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Berbasis al-Qur’an, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2012.

Sofyan Sauri, Filsafat dan teosofat Akhlak (kajian filosofis dan teosofis tentang akhlak, karakter, nilai, moral, etika, budi pekerti, tatakrama, dan sopa santun), Bandung: Rizqi Press, 2011.

Departemen Agama, Al-Qur’an dan Tafsirnya, Jilid 9, Jakarta: Departemen Agama RI, 2009.

http://mizan.com/news_det/wow-anak-smk-di-mataram-jago- merakit-laptop-and-lcd.html 10 Maret 2013.

Amal Fatkhullah, Tawuran Pelajar, dalam Abudin Nata, Kapita Selekta Pendidikan Islam,Bandung: Penerbit Angkasa, 2003.

http://m.tvonenews.tv /read.htmlid=62132 27/09/2012.

Sofyan Sauri, Pendidikan Berbahasa Santun, Bandung: PT Genesindo, 2006.

Wendi Zarman, Ternyata Mendidik Anak Cara Rasulullah itu Mudah dan Lebih Efektif, Jakarta: Penerbit Ruang Kata, 2011.

Wendi Zarman, Ternyata Mendidik Anak Cara Rasulullah itu Mudah dan Lebih Efektif, Jakarta: Penerbit Ruang Kata, 2011.

Erry Utowo et. Al., Pengembangan pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Pusat Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional, 2010.

Abd al-Rahman Abd al-Khiq, al-Fikr al-Shufi fi Dhau al-Kitab wa al- Sunnah, Kuwait: Maktabah Ibn Taimiyah, 1986.

Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Wendi Zarman, Mendidik Anak Cara Rasulullah, Bandung: Penerbit Ruang Kata, 2011.

Aminuddin Rasyad, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Uhamka Press, 2003.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Samsul Nizar(ed), Sejarah Pendidikan Islam(Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia),Jakarta: Kencana, 2009.

Muhammad Alfis C, Indeks Hadits dan Syarah, Jakarta: CV. Alfonso Pratama, 2008.

Kafrawi Ridwan, Ensiklopedi Islam, Jakarta: PT Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1994.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v13i1.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com