Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif: Teknik Kancing Gemerincing pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo

Nofi Maria Krisnawati, Yuliani Yuliani, Sifak Indana

Abstract


to work in group, is likely emerges problem such as undistributed chances to participate in learning. The distributed chances to participate in group is one of classroom problem, that should be solved by the teacher. Thus, ringing button technique required to be applied the aims of the research were to describe student learning outcomes, student activity, and classroom management. The object of the research is class X-6 in SMAN 4 Sidoarjo in second semester of academic year 2015-2016. The number of selected student is 36, while the data analyzed descriptively. The result showed that learning outcomes after the implementation of cooperative learning model ringing button technique in the material of ecosystem is 91,67% complete. Student categorized as active by the average percentage 58,2%. The classroom management that was done by the teacher is well categorized.

Keywords: Cooperative learning model, Technique latches clang, Ecosystem.



Proses belajar mengajar di kelas yang mengharuskan siswa untuk bekerja secara berkelompok sering menimbulkan satu masalah yaitu kurang meratanya kesempatan diantara siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam kelompok merupakan salah satu masalah yang harus diperhatikan guru. Mengatasi hal tersebut, salah satu teknik dapat diambil guru adalah teknik kancing gemerincing. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan hasil belajar siswa, keaktifan siswa, dan pengelolaan pembelajaran kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian one shot case study. Sasaran penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Sidoarjo semester genap tahun ajaran 2015-2016. Jumlah siswa yang dipilih sebanyak 36 siswa dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas X-6 SMA Negeri 4 Sidoarjo terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing pada materi ekosistem dapat dikatakan siswa tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 91,67%. Aktivitas siswa tergolong aktif, dimana persentase aktivitas pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dapat melebihi rata-rata yaitu 58,2%. Pengelolaan pembelajaran kelas yang telah dilakukan oleh guru secara keseluruhan termasuk ke dalam kriteria baik.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif, Teknik kancing gemerincing, Ekosistem.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: rineka cipta, 2006.

Alwi, Hasan, dkk, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaksa, 2001.

Campbell, Neil A., Jane B. Reece, dan Lawrence G. Mitchell, Biologi Edisi Ke Lima Jilid III. Jakarta: erlangga, 2004.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan, Ekosistem. Surabaya: LPMP, 2004.

Dwikoranto, Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains

.UNESA, 2009.

Filsaime, Dennis K., Menguak Rahasia Berfikir Kritis Dan Kreatif.

Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2008.

Fisher, Alec, Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga, 2009.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Indriyanto, Ekologi Hutan. Jakarta: bumi aksara, 2005. Isjoni, Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta, 2010.

Lie, Anita, Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia WidiasaranaIndonesia, 2008.

Odum, E. HLM., Dasar-dasar Ekologi. Terjemahan Oleh tjahjono samingan dari buku Fundamentals Of Ecology. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.

Pribadi, Benny A., Model Desain System Pembelajaran. Jakarta: Rakyat, 2009.

Raharjo, Pengaruh Pembelajaran Kooperatif GIdan PBLTerhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains .UNESA, 2009.

Risna, Agita, Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Strategi Card Sort Pada Materi Ekosistem Di Kelas X Sma Negeri 1 Mejayen Madiun. Skripsi Tidak Dipublikasikan FMIPA UNESA, 2005.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sulastri, Yeti dan Rochintaniawati, Diana, Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi SMPN 2 Cimalaka. Jurnal Pengajaran MIPA .UPI, 2009.

Suprijono, Agus, Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Sutarto, Model Pembelajaran Kooperatif Bersifat Konstruktivis Pada Topik Klasifikasi Hewan Arthropoda. Jurnal Pengajaran MIPA .UPI, 2009.

Suyatno, Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Mesmedia Busana Pustaka, 2009.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana, 2009.

Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara, 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v13i1.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com