Karakteristik Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan

M. Saekan Muchith

Abstract


Abstract
Target or goal that has to be produced by learning and educational process in institution of religion and religious education is completely complicated and has various meaning which have to be understood by teachers and institutional management. This complexity is multi-interactive, while subjects of knowledge learned in institution of non-religion and non-religious education are mono-interactive. The subjects of knowledge learned by those two kinds of institution are not enough by only including subjects exist in the knowledge itself, but the subjects have to be strenghtened by subjects beyond the learned knowledge.
Academic and methodological complexity has implication on professionalism profile owned by teachers who are on duties in institution of religion and religious education compared to teachers who are on duties beyond those institution. Alumni who graduate from institution in religion and religious education also have different ability compared to alumni who graduate from institution of general education. Based on this assumption, every single teachers and management staffs for institution of religion and religious education have to realize and understand completely about some significant differencies in their own institution compared to general education.


Keywords: Characteristics of Science, Religion and Religious Education



Abstrak
Target atau tujuan yang harus dihasilkan oleh proses pembelajaran dan pendidikan di lembaga pendidikan agama dan pendidikan keagamaan sangat rumit dan menyimpan berbagai makna yang harus dipahami oleh guru dan pengelola lembaga pendidikan agama dan keagamaan. Kerumitan tersebut bersifat multi-interaktif, sementara materi ilmu yang diajarkan di non lembaga pendidikan agama dan pendidkan keagamaan cukup bersifat mono-interaktif. Materi ilmu yang diajarkan di lembaga pendidikan agama dan keagamaan tidak cukup hanya meliputi materi yang ada di dalam ilmu itu sendiri, melainkan harus juga dikuatkan dengan materi di luar ilmu yang dipelajari.
Kerumitan secara akademik dan metodologis berimplikasi kepada profil profesionalisme yang dimiliki oleh guru yang bertugas di lembaga pendidikan agama dan pendidikan keagamaan dengan guru yang bertugas di luarnya. Lulusan atau alumni dari lembaga pendidikan agama dan pendidikan keagamaan juga memiliki ketrampilan yang berbeda dengan alumni dari lembaga pendidikan umum. Berdasarkan pada asumsi tersebut, maka seluruh tenaga kependidikan dan pengelola lembaga pendidikan agama dan keagamaan harus memiliki kesadaran dan pemahaman yang utuh tentang perbedaan yang cukup signifikan yang ada di dalamnya dengan pendidikan umum.

Kata Kunci: Karakteristik Ilmu, Pendidikan Agama, Pendidikan Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Makmur, Fiqh SosialKiai Sahal Mahfudh, antara konsep dan implementasi, Surabaya: Khalista, 2007.

HM., Muhtarom, “Pendidikan Islam di Tengah Pergumulan Budaya Kontemporer,” dalamJurnal internasional, Semarang: IAIN Semarang, 2008.

Kuhn, Thomas S., The Structure of Scientific Revolution, Chicago: The University of Chicago Press, 1970.

Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah (PP) nomor 55 tahun 2007, Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Shihab, M. Quraish, Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW: Dalam Sorotan al-Qur’an dan hadits-hadits Shahih, Jakarta: Lentera Hati, 2011.

Suriasumantri, Jujun S., Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Sinar Harapan, 2005.

Titus, Harold H., Living Issues in Philasophy (terj), Bulan Bintang: Jakarta, 1987.

Undang Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional.

Yamin, Martinis, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta: Gaung Persada Press, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v11i2.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com