Fenomena Konstruktivistik dalam Metode al-Barqy dalam Pembelajaran al-Qur'an: Perspektif Psikolinguistik

Toni Pransiska

Abstract


Abstract
As we know that the method to teach the Qur’an spread in our contemporary world. One of the methods applied by some teachers in the teaching of the Qur'an is al-Barqy Method (tharīqah al-Barqy). This method is one of the most important educational methods, particularly in teaching the Quran. Certainly, This method made it easy for students to read Qur’an. But it’s important to mention here, The Basic concepts of this method build the theory of constructivism in the field of Psycholinguistic. Then, this writing discover about the phenomenon of constructivist theory in the al-Barqy method.
Key word: Theory of constructivism, al-Barqy method, Psycholinguistic




Abstrak
Sebagamana maklum diketahui bahwa banyak metode pembelajaran al-Qu’ran yang muncul dewasa ini. Salah satu metode yang diimplementasikan oleh banyak pengajar dalam pembelajaran al-Qur’an adalah metode al-Barqy (al-Barqy Method). Sebagian kalangan menganggap metode ini sebagai metode penting dalam pembelajaran (al-Qur’an). Akan tetapi, perlu disebutkan di sini bahwa konsep dasar metode ini dibangun atas teori konstruktivisme dalam bidang psikolinguistik. Sebab itulah, uraian akan memaparkan tentang fenomena teori konstruktivistik dalam metode al-Barqy.
Kata Kunci: Teori Konstruktivisme, Metode Al-Barqy, Psikolinguistik

Full Text:

PDF

References


Machmudah, Umi, dkk, Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN Malang Press, 2008.

Penasuci Group, http://www.al-barqy.com/statis-4-pengarang.html. Diakses pada tanggal 15 November 2013.

Siroj, http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/43/rusdy-a-siroj.htm. Diakses pada tanggal 15 November 2013.

Sulthon, Muhajir, Al-Barqy sistem 8 Jam, Surabaya: CV Penasuci, 1999.

Suparno, Paul, Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius, 1997.

Suwarno, Wiji, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Arruz Media, 2006.

Yulaelawati, E., Kurikulum dan Pembelajaran; Filosofi, Teori dan Aplikasi. Jakarta : Pakar Raya, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v11i2.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com