KONSEPSI AL-QUR’AN TENTANG HAKIKAT EVALUASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Dedi Wahyudi

Abstract


Abstract
The term “evalution“ on Qur’an is not found the synonyms certainly, but there are spesific words that points to the meaning of evalution such as al-bala,al-hisab, al-hukum, and al-qada. The principles of evalution on Qur’an refer to the continuity, totality, and objectivity purpose. The meaning of evalution must be done systematic, continous, and planned. Evalution is one of important parts on the system of islamic eduaction because it is used as the tool to assess and measure the success of the educational prosess. The success of education can be sees from evaluton model of the result of learning which has been determined in accordance with the applicable standart curriculum. Thus, the accuracy of selecting an evalution model of the result of learning influenced the improvement of education quality itself.

Keywords: Evaluation, Education, Quality of Education, Educational Institutions


Abstrak
Istilah evaluasi dalam al-Qur’an tidak dijumpai persamaan kata yang pasti, tetapi ada kata-kata tertentu yang mengarah kepada arti evaluasi, seeperti al-balā’, al-ḥisāb, al-ḥukm, dan al-qaḍā. Prinsip-prinsip evaluasi dalam al-Qur’an mengacu pada tujuan, kontinuitas, totalitas, dan objektifitas. Artinya, evaluasi harus dilakukan secara sistematis, berkesinambungan, dan terencana. Evaluasi merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah sistem pendidikan Islam. Sebab, ia dijadikan sebagai alat untuk menilai serta mengukur keberhasilan proses pendidikan tersebut. Kesuksesan suatu pendidikan dapat dilihat dari model evaluasi hasil belajar yang telah ditentukan sesuai standar kurikulum yang berlaku. Dengan demikian, ketepatan memilih model evaluasi hasil belajar mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.

Kata kunci: Evaluasi, Pendidikan, Mutu Pendidikan, Lembaga pendidikan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, Zainal, Evaluasi Intruksional -Prinsip, Teknik, Prosedur,

Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta; Bumu Aksara, 2007.

Azwar, Saifudin, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Bukhori, M., Teknik-teknik Evaluasi dalam Pendidikan, Bandung: Jemmars, 1980.

Thoha, M. Chabib, Teknik-teknik Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo, 1990.

Noer , Hery dan Munzier, Watak Pendidikan Islam, Jakarta: Friska Agung, 2000.

Purwanto, Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Rosyadi, Khoiron, Pendidikan Profetik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Siregar, Maragustam, Hand Out Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2012.

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jogjakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Sukardi, Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sukiman, Bahan Ajar Mata Kuliah Pengembangan Sistem Evaluasi PAI, Yogyakarta, 2008.

Wiroyudo, Subiyanto, Teknik Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Yayasan Pancasila, 1974.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v12i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com