MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM KAJIAN ULUMUL QURAN (STUDI TENTANG PROFESIONALISME PENDIDIK DALAM QS. AL-TAUBAH/09: 105)

Mufassirul Alam

Abstract


Abstract

This study examines educational management within the framework of Ulumul Quran, focusing on the professionalism of educators as emphasized in QS. Al-Taubah/09: 105. Utilizing a qualitative research method with a literature review approach, the study aims to provide an in-depth understanding of phenomena rather than relying on numerical data. The literature review involves analyzing various written sources, including books, scientific journals, official documents, and other relevant references. Data collection is conducted through coding, a systematic process involving reading, identifying, labeling, and analyzing key patterns or themes aligned with the research topic. This process is further refined by identifying variables, defining fundamental concepts, and exploring relevant material. The analysis of QS. Al-Taubah/09: 105 highlights the centrality of Allah’s oversight in every educational activity. The verse underscores that all actions and efforts in teaching are subject to divine supervision and accountability, whether conducted openly or discreetly. Furthermore, it stresses that educators bear a significant responsibility in ensuring that their teaching aligns with the values and expectations set by Allah SWT. This accountability reinforces the importance of professionalism in every aspect of the educational process, emphasizing sincerity and dedication as core attributes of an educator

 

 

Abstrak

Penelitian ini mengkaji manajemen pendidikan dalam kerangka Ulumul Quran, dengan fokus pada profesionalisme pendidik sebagaimana diuraikan dalam QS. Al-Taubah/09: 105. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam terhadap fenomena dibandingkan data kuantitatif. Tinjauan pustaka dilakukan dengan menganalisis berbagai sumber tertulis, seperti buku, jurnal ilmiah, dokumen resmi, dan referensi terkait lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses coding, yaitu proses sistematis yang meliputi membaca, mengidentifikasi, memberi kode, dan menganalisis pola atau tema yang relevan dengan topik penelitian. Proses ini diperkuat dengan identifikasi variabel, pendefinisian konsep dasar, dan eksplorasi materi penelitian.Analisis QS. Al-Taubah/09: 105 menekankan pentingnya pengawasan Allah dalam setiap aktivitas pendidikan. Ayat ini menunjukkan bahwa semua tindakan dan upaya dalam pembelajaran berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab kepada Allah SWT, baik dilakukan secara terbuka maupun tersembunyi. Selain itu, ayat ini menegaskan bahwa pendidik memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan pengajaran mereka sesuai dengan nilai-nilai dan harapan yang ditetapkan oleh Allah SWT. Tanggung jawab ini menekankan pentingnya profesionalisme dalam setiap aspek proses pendidikan, dengan ketulusan dan dedikasi sebagai atribut utama seorang pendidik.

 


Keywords


educational management; ulumul quran; educator professionalism; qs. al-taubah/09: 105; manajemen pendidikan; ulumul quran: profesionalisme pendidik; qs. al-taubah/09: 105

Full Text:

PDF

References


Abduh, Muhamad. Tafsir Al-Manar. Misha Press, 1922.

Al-Jurjani, Ali bin Muhammad. Kitab Al-Ta‘Rifat,. Beirut: Daar al-Kutub alIlmiyah., 1985.

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. Tafsir Al-Maraghi. Jakarta: Darul Qutub al-Islamiyyah, 2001.

Ambarwati, Dewi, Udik Budi Wibowo, Hana Arsyiadanti, and Sri Susanti. “Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan Pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 8, no. 2 (2022): 173–84. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560.

Asy-Syafi’i, Jalaluddin As-Suyuthi. Itqan Fi Ulum Al-Qur’an. Cairo: Dar al fikri, 1996.

Az-Zarkasyi, Badaruddin Muhammad bin Abdullah. Burhan Fi Ulumul Al-Quran. Cairo: Dar al fikri, 1988.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi Dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana, 2006.

Bahar, Tanzila, Nazry Nasyifa, Afrohul Fadhillah, and Ahmad Mukhlasin. “Peran Manajemen Organisasi Dalam Kemajuan Pendidikan.” Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa 1, no. 3 (2024): 284–300.

Fajlul Rahman. Major Themes of the Qur’an. Chicago: Bibliotheca Islamica, 1980.

Hamid, A. “Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 10, no. Juni (2020): 1–17. http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/159%0Ahttps://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/download/159/129.

Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panji Mas, 1984.

Hindun. ““Perencanaan Strategis Dan Prilaku Manajerial Lembaga-.” Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin 13, no. 1 (2015): 112–28. https://media.neliti.com/media/publications/56645-ID-perencanaan-strategis-dan-prilaku-manaje.pdf.

Idrus. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran 9, no. 2 (2019): 344.

Kaja. “Pelaksanaan Fungsi Manajemen Sekolah Menengah Atas.” FOKUS: Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang 22, no. 2 (2024): 304–17.

Latiana, Lita. “Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik.” Edukasi 1, no. 3 (2019): 1–16. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/... · PDF file.

Mustofa, -. “Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Di Indonesia.” Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan 4, no. 1 (2012): 76–88. https://doi.org/10.21831/jep.v4i1.619.

Oktavia, Imanda Ayu, and Dwiyono Hari Utomo. “Urgensi Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Era Human Society 5 . 0” 4, no. 5 (2024): 13. https://doi.org/10.17977/um065.v3.i10.2024.2.

RI., Departemen Agama. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: PT Syaamil Cipta Media, 2019.

Sancar, Raziye, Deniz Atal, and Deniz Deryakulu. “A New Framework for Teachers’ Professional Development.” Teaching and Teacher Education 101 (2021): 103305. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103305.

Shihab, Quraish. Quraish Shihab. Tafsir Al-Mishbah. Vol. 5. Jakarta: Lentera Hati, (2000), hal. 287-288. Jakarta: Lentera Hati, n.d.

Somadayo, Samsu, and Heru Kurniawan. “The Role of Teacher Professionalism in Learning Differentiation of Independent Learning for Students.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 15, no. 1 (2023): 275–84. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v15i1.2394.

Sutiono, Dr. “Profesionalisme Guru.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2021): 16–25. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i2.1569.

Syakdia Apria Ningsih. “Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis) 2, no. 3 (2024): 288–93. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i3.2056.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v20i2.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com