PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DISTRIBUTIF, BUDAYA SEKOLAH KOLABORATIF TERHADAP KINERJA GURU
Abstract
Abstract
This study aims to conduct a systematic review the impact of distributive leadership styles and collaborative school cultures on teacher performance. The leadership style of school principals and school culture are important factors influencing teacher performance. This review uses the Systematic Literature Review (SLR) method to collect, evaluate, and synthesize relevant research from 2019 to 2024. Results from 964 articles found show that 20 articles meet the inclusion and exclusion criteria. Data analysis was conducted through literature searches in the Google Scholar database, assisted by the Publish or Perish (PoP) software. This study finds that the articles overall use various methods, including regression analysis, path analysis, correlation analysis, t-tests, and qualitative phenomenological analysis. Distributive leadership involving the delegation of responsibilities and teamwork, as well as a collaborative school culture with open communication and peer support, positively impacts teacher performance. In conclusion, adopting a distributive leadership style and building a collaborative school culture are effective ways to improve teacher performance and the quality of education in schools.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan sistematis terhadap pengaruh gaya kepemimpinan distributif dan budaya sekolah kolaboratif terhadap kinerja guru. Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah merupakan faktor penting yang mempengaruhi kinerja guru. Tinjauan ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menggabungkan penelitian yang relevan dari tahun 2019 hingga 2024. Hasil dari 964 artikel yang ditemukan menunjukkan bahwa 20 artikel memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data dilakukan dengan penelusuran literatur di basis data google scholar yang dibantu oleh software Publish or Perish (PoP). Penelitian ini menemukan bahwa, keseluruhan artikel menggunakan metode yang beragam; analisis regresi, analisis jalur path, analisis korelasi, uji t dan analisis kualitatif fenomenologi. Gaya kepemimpinan distributif yang melibatkan pembagian tanggung jawab dan kerja sama tim serta budaya sekolah yang kolaboratif dengan komunikasi terbuka dan dukungan antar rekan kerja berdampak positif pada kinerja guru. Kesimpulannya, mengadopsi gaya kepemimpinan distributif dan membangun budaya sekolah kolaboratif adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kinerja guru dan kualitas pendidikan di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahbar, N. N., Ishak, R., dan Yunus, J. N. "Peran Kepemimpinan Distributif di Antara Pemimpin Menengah dan Dampaknya terhadap Komitmen Organisasi dan Iklim Sekolah." Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) (2021). https://msocialsciences.com/.
Amalia, M. D., Sutrisno, dan Setyorini, N. "Pengaruh Kemampuan Teknologi Informasi, Motivasi Kerja, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Masa Pandemi COVID-19." Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi (JURIMA) 3, no. 1 (2023). https://doi.org/10.55606/jurima.v3i1.1515.
Andriana, Mendy, and Ardi Ardi. "Pengaruh Servant Leadership dan Digital Competence terhadap Job Satisfaction dan Work Performance dengan Mediasi Work Motivation di Sekolah XYZ Jakarta Barat." JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 9 (2022). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.886.
Ansori, Muslich. Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi 2). Surabaya: Airlangga University Press, 2020.
Bagia, I. Wayan, and Ni Made Suci. "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai." Jurnal Manajemen 5, no. 2 (2019). http://ejournal.undiksha.ac.id.
Dita, Carla, Usup Riassy Christa, and Meitiana. "The Effect of Organizational Culture and Leadership Style on Job Satisfaction and Tutor Performance." Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 2 (2022): 157–70. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jiko.
Erni, Dias Nursita, and Wanda Haditiya Putri. "Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan." Jurnal Penelitian Pendidikan 3, no. 3 (2022). https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795.
Indriawati, Prita, Nurliani Maulida, Dias Nursita Erni, and Wanda Haditiya Putri. "Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan." Jurnal Penelitian Pendidikan 3, no. 3 (2022). https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795.
Jumarpati, and Siti Rahma Kumala Dewi. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru pada UPT SMA Negeri Sekota Palopo." Journal of Management & Business (2023). https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5698.
Kitchenham, Barbara, and Stuart Charters. Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. Springer Gabler, 2007.
Kuppan, R., dan Abdul Razak, Ahmad Zabidi. "Kepimpinan Distributif Guru Besar dan Komitmen Guru di Sekolah Kebangsaan di Daerah Gombak." Jurnal Kepemimpinan Pendidikan 8, no. 4 (2021). https://ejournal.um.edu.my/index.php/.
Kurniati, N. A., Karim, A., Rukhmana, T., Sakti, A., dan Rusdi, M. "Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMPN 3 Baso." Journal on Education 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3502.
Lailatussaadah. "Upaya Peningkatan Kinerja Guru." Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training 3, no. 1 (2015). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/.
Latinapa, M. M., Arsyad, A., dan Suking, A. "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru, dan Komitmen Kerja Guru terhadap Pengendalian Konflik di SDN Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-Una." Jurnal Normalita 9, no. 3 (2020). https://ejurnal.pps.ung.ac.id/.
Limbong, Sudarsono, dan Herni Widiyah Nasrul. "Korelasi antara Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Fasilitas Pembelajaran dengan Kreativitas Guru." Jurnal Manajemen Organisasi dan Bisnis (JMOB) (2021). https://doi.org/10.33373/jmob.v1i3.3738.
Lucky, Lyza Langi, and Rudie Y. Lumantow. "Pengaruh Iklim Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Guru SMP Negeri di Distrik Kawangkoan Barat." Jurnal EMBA: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 11, no. 3 (2023). https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.50959.
Marcus, Aaron, Elizabeth Rosenzweig, and Marcelo M. Soares. Design, User Experience, and Usability: UX Research and Design. 10th International Conference, DUXU 2021, Held as Part of the 23rd HCI International Conference, HCII 2021, Virtual Event, July 24–29, 2021, Proceedings, Part I. Springer International Publishing, 2021. https://www.springer.com/gp.
Mashuri, Adsan, Muh Yunus, and Muhammad Fahreza W. "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Distributif dan Konsultatif terhadap Etos Kerja Guru dan Tenaga Kependidikan di SMAN 10 Pangkep." Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah (2024). https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/.
Mujiati, Siti Honiah. "Pengaruh Budaya Madrasah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma'arif NU 1 Karanggambas Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga." Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial 4, no. 3 (2020). https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/.
Munastiwi, A. N. E. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja PAUD pada Era New Normal." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 12, no. 1 (2021). https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.31360.
Nazilah, N., Kristiana, A., Indriyani, A., dan Riono, S. B. "Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMK Karya Bhakti Brebes." JECMER: Journal of Economic Management and Entrepreneurship Research (2023). https://jurnal.eraliterasi.com/.
Nurmalinda. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method: Mengelola Penelitian dengan Mendeley dan Nvivo. Yogyakarta: AZKA Pustaka, 2022.
Patole, Sanjay. Principles and Practice of Systematic Reviews and Meta-Analysis. Cham: Springer International Publishing, 2021.
Rabindarang, Siva, dan Khuan Wai Bing. "Hubungan Kepemimpinan Distributif terhadap Komitmen Organisasi dan Tekanan Kerja dalam Pendidikan Teknik dan Vokasional." Journal of Social Sciences (2022). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/.
Rahayu, Fitri. "Hubungan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Swasta Kecamatan Koto Tangah Padang." Jurnal Administrasi Pendidikan 2, no. 1 (2014). https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3763.
Ramli, Azhar Harun, Zaidatol Akmaliah Lope Pihie, and Soaib Asimiran. "Hubungan antara Praktik Kepemimpinan Distributif Kepala Sekolah dan Kepemimpinan Guru di Sekolah Menengah." International Journal of Education and Training (InjET) 15, no. 1 (2016). https://jurnal.stkippgribl.ac.id/.
Satyawati, Sophia Tri. "Pengaruh Kepengawasan dan Kepemimpinan Distributif-Relasional terhadap Komitmen Organisasi Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Semarang." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (2020). https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p142-151.
Singh, Jatinder. "Critical Appraisal Skills Programme (CASP) Appraisal Tools." Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics 4 (2013): 76. https://doi.org/10.4103/0976-500X.107697.
Suiraoka, I. Putu, et al. Model dan Gaya Kepemimpinan. Cendikia Mulia Mandiri, 2023.
Sulistio, A., and N. Haryanti. "Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pendidik di YPI Roudlotul Ulum Jatirejo." Jurnal Pendidikan Tambusai (2022). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3520.
Sumarni, Elita. "Implikasi Kepemimpinan Distributed Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri Sendawar terhadap Peran Kepala Sekolah." Jurnal Pendas Mahakam 2, no. 3 (2017). https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/.
Yanita, Poni, dan Irwan Muslim. "Pengaruh Kompetensi Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Sungai Penuh." Jurnal Ekonomi Sakti (2023). http://dx.doi.org/10.36272/jes.v12i1A.267.
Yulianingsih, Lia Tresna, and A. Sobandi. "Kinerja Mengajar Guru sebagai Faktor Determinan Prestasi Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 2 (2017): 157–65. https://ejournal.upi.edu/.
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v20i2.299
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com