STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract
This article aims to determine the learning outcomes of class II students at SD IX Pengasinan, Bekasi City, in civic education on mutual cooperation. The study employs a constructivism-based cooperative learning approach to evaluate its effectiveness in enhancing student knowledge. Conducted as classroom action research (PTK) with 26 students, the methodology includes planning, action, observation, and reflection stages. The results indicate a significant improvement in student scores, classified as "Very Good," across each cycle. It concludes that this learning model effectively enhances student outcomes and provides valuable insights for teachers to foster independent learning. The implication is that adopting this approach can significantly boost student engagement and academic performance.
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas II SD IX Pengasinan Kota Bekasi pada mata pelajaran PKn materi gotong royong. Pendekatan yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme untuk mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan pengetahuan siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebagai penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melibatkan 26 siswa, melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai siswa yang signifikan, berada pada kategori "Sangat Baik" di setiap siklus. Disimpulkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan wawasan berharga bagi guru untuk mendukung pembelajaran mandiri. Implikasinya, penerapan pendekatan ini dapat secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan prestasi akademik siswa.
Keywords
References
Alimin, Miftahul, Hikmatin Kamilah, and Shofwatul Widad, ‘Relevansi Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membangun Karakter Religius Siswa Di Sekolah ( Systematic Literature Review )’, 1.2 (2024), 143–55
Apitria Anggun Pradana, Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pokok Bahasan Jarak, Waktu Dan Kecepatan Siswa Kelas V MI PSM 1 Baron, E-ISSN:2807-8632 Published by :FakultasTarbiyah Dan IlmuKeguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 2023, iii
Dalih, Regina, and Gandes Ivoni, ‘Peran Filsafat Ilmu Dalam Pendekatan Ilmiah Mampu Menggunakan Teknologi Komunikasi Dan Informasi , Dalam Penggunaan’, 2.1 (2024), 192–202
Hanisyah, Widaswara Agustin, Detalia Noriza, Munahefi S Pd, and M Pd, ‘Systematic Literature Review : Teori Belajar Konstruktivisme Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa’, 7 (2024), 731–38
Haryani, Maulidia, Ratna Wahyuningtyas, and Zidna Nurus, ‘Studi Literatur : Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality Dalam Pembelajaran Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa’, 7 (2024), 359–67
Indriani, Nuri Dwi, and Mega Achdisty Noordyana, ‘Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending Dan Means Ends Analysis’, Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1.2 (2021), 339–52
Lathifah, Azizah Siti, Khoirunisa Hardaningtyas, Zarir Abiyyuda Pratama, and Istar Moewardi, ‘Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa’, 3.1 (2024), 36–42
Naufal, Hanif, ‘Model Pembelajaran Konstruktivisme Pada Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Di Era Merdeka Belajar’, Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2.1 (2021), 143–52
Rahayu, Maya Sri, Nailis Saadah, Linda Wastri, Universitas Islam, Negeri Mahmud, and Yunus Batu, ‘Relevansi Filsafat Ilmu Dan Bahasa’, 7.1 (2024), 256–65
Ruiyat, Suci Aprilyati, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Komik Elektronik Untuk Pengenalan Keselamatan Kepada Anak Usia Dini’, 06.02 (2024), 13161–71
Suryani, Amrin, I Made Suarjana, and Happy Artini, ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan Dan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Dan Kelipatan’, Indonesian Gender and Society Journal, 1.1 (2021), 29–34
Ulfadhilah, Khairunnisa, ‘Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini’, Islamic EduKids, 3.1 (2021), 1–13
Yusnina,L,P, Riyanto Yatim, Suhanadji, ‘Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dengan Media Komik Terhadap Keterampilam Berpikir Kritis Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas 5 Sd Pada Pembelajaran Ips’, Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8.2 (2020), 530–36
Zagoto, Maria Magdalena, ‘Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi 1 Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square’, Educativo: Jurnal Pendidikan, 1.1 (2022), 1–7 .
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v20i1.265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com