PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID DI MADRASAH KABUPATEN SERANG

Dina Indriana, Ubaidillah Ubaidillah

Abstract


Abstract

This article aims to uncover the effective use of Android-based Arabic learning media (Kahoot). It is intended to assist teachers in the use of Kahoot media in Arabic language learning. Because, many of them still need further introduction to digital-based media so that Arabic learning that is applied attracts the attention of students and is not boring. The method used in this article is Participatory Action Research (PAR), which is the implementation of a systematic program guided by three main pillars, namely research methodology, dimensional action, and participation dimensions. The findings in this article show that teachers in teaching must master learning tools well in order to achieve learning objectives. Improving the ability of a teacher can be done in various ways such as by attending training, seminars, and so on. With the awareness of teachers on their competencies, it is hoped that teacher competence can increase and become better and increase their scientific insight so as to get good results.

 

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan media pembelajaran bahasa Arab yang efektif dengan berbasis Android (Kahoot). Hal ini dimaksudkan untuk membantu para guru dalam penggunaan media Kahoot pada pembelajaran bahasa Arab. Sebab, banyak dari mereka yang masih membutuhkan pengenalan lebih lanjut tentang media berbasis digital agar pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan menjadi menarik perhatian siswa dan tidak membosankan. Metode yang digunakan0dalam artikel ini adalah Participatory Action Research (PAR), yaitu pengimplementasian program yang bersifat sistematis dengan bepedoman pada tiga pilar utama, yaitu metodologi0penelitian, aksi dimensi, dan dimensi partisipasi. Temuan dalam artikel ini menunjukkan bahwa guru dalam mengajar harus menguasai perangkat pembelajaran dengan baik guna mencapai tujuan pembelajaran. Peningkatan kemampuan seorang guru bisa dilakukan dengan bermacam cara seperti dengan mengikuti pelatihan, seminar, dan sebagainya. Dengan adanya kesadaran guru terhadap kompetensi yang dimiliki diharapkan kompetensi guru dapat meningkat dan menjadi lebih baik serta menambah wawasan keilmuannya sehingga mendapatkan hasil yang baik.


Keywords


assistance; arabic language learning; kahoot media; pendampingan; pembelajaran bahasa arab; media kahoot

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, Mustofa, Rahmi Ramadhani, Masrul Masrul, Juliana Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif, Jamaludin Jamaludin, and Janner Simarmata. Media Pembelajaran. Edited by Toni Limbong. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Adimihardja, Kusnaka, and Ir Harry Hikmat. Participatory Research Appraisal: Dalam Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat. Bandung: Humaniora, 2003.

Budiyono, Agus, Linda Tri Antika, Arin Wildani, and Saiful Hadi. “Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Berbasis Sains Bagi Guru PAUD.” Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA 3, no. 1 (2019): 34–37.

Christiani, Natalia, M Pd Hebert Adrianto, and M Ked Trop Lya Dewi Anggraini. Modul Teknologi Pembelajaran: KAHOOT. Edited by Resa Awahita. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2019.

Elis Ratna Wulan, Elis, and A Rusdiana. “Evaluasi Pembelajaran.” Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Ernalida, Ernalida. “Pembuatan Media Berbasis Kahoot Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Sma Swasta Di Kota Palembang.” In Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2:225–28, 2020.

Fahrina, Afrillia, Karla Amelia, and Cut Rita Zahara. Minda Guru Indonesia: Peran Guru Dan Keberlangsungan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2020.

INDONESIA, LEMBARAN NEGARA REPUBLIK. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.” 30 Desember 2005, 2005.

Isnaeni, Neni, and Dewi Hildayah. “Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa.” Jurnal Syntax Transformation 1, no. 5 (2020): 148–56.

Juwantara, Ridho Agung. “Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 9, no. 1 (2019): 27–34.

Khomsah, Ahmad Fadilah, and Muhammad Imron. “Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kolaborasi Metode Questioning Dan Media Kahoot.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 5, no. 1 (2020): 99–118.

Lever-Duffy, Judy, and Jean B McDonald. Teaching and Learning with Technology. 6 Ed. Florida: Pearson Education, 2017.

Mahliatussikah, Hanik. “Pemanfaatan Media Digital Untuk Pengenalan Warna Dalam Bahasa Arab,” 2020.

Nurhidayati, Nurhidayati, Imam Asrori, Mohammad Ahsanuddin, and M Wahib Dariyadi. “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab.” Jurnal Karinov 2, no. 3 (2019): 181–84.

Prakoso, B H. Ekonomi Dan Sekolah Hijau, Catatan Dan Aksi Researchpreneur. Edited by Iskandar Agung. Sumatra Barat: CV. Mitra Cendekia Media, 2023.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6313–19.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, n.d.

Riyana, Cepi, Direktorat Jenderal, Pendidikan Islam, Kementerian Agama, and Republik Indonesia. Media Pembelajaran. 2nd ed. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, 2012.

Syafi’i, Fahrian Firdaus. “Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Gorontalo: Pascadarjana Universitas Negeri Gorontalo, 2021.

Ubaidillah. “Pembelajaran Maharah Istima’ Berbasis Online : Blended Learning Dalam Istima’ 1.” Al-Ittijah 12, no. 1 (2020): 45–54.

Ubaidillah, Ubaidillah, Muhamad Muflih, Nurul Fajri, Hambali Jaili, and Nikmatun Azimah. “The Importance of Digital Media in Arabic Language Learning; The Use of Canva in Vocabulary Learning.” Jurnal Al-Maqayis 10, no. 1 (2023): 36–52.

Wijaya, Agi Ma’ruf, Ilfiana Firzaq Arifin, and Mohamad Il Badri. “Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah.” SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya 2, no. 2 (2021): 1–10.

Yusoff, Muhammad Saiful Anuar, Shahrizal Mahpol, and Muhammad Luqman Mohd Saad. “Kesediaan Pelajar Terhadap Penggunaan Aplikasi Kahoot! Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” International Online Journal of Language, Communication, and Humanities 2, no. 2 (2019): 35–50..




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v19i2.247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com