STRATEGI PEMBINAAN MODERASI BERAGAMA SEBAGAI BENTENG EKSTREMISME DI MADRASAH

Nurkilat Andiono, Achmad Mudatsir R, Ratna Dewi

Abstract


Abstract

This research aims to describe strategies of fostering religious moderation as a bulwark of extremism at the Islamic elementary school of Tarbiyatul Islamiyah Paiton Probolinggo. This research uses a qualitative approach and a case study type of research. This research was carried out at Islamic elementary school of Tarbiyatul Islamiyah Paiton Probolinggo, and was carried out from July to August 2023. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews and documentation studies. Meanwhile, the data analysis technique uses the Miles and Huberman model with three analysis steps, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research indicate that the Strategy of Fostering Religious Moderation as a bulwark for extremism at Islamic elementary school of Tarbiyatul Islamiyah Paiton Probolinggo is: Integration of religious moderation values in the at Islamic elementary school curriculum, Integration of religious moderation values in learning, Exemplary role models for teachers, moderate-religious habituation in Islamic elementary school.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembinaan moderasi beragama sebagai benteng ekstrimisme di madrasah ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Paiton Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MI Tarbiyatul Islamiyah Paiton Probolinggo, dan dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Bulan Agustus 2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga langkah analisis, yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembinaan moderasi beragama sebagai benteng ekstermmisme di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyah Islamiyah Paiton Probolinggo ialah mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum madrasah, mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran, serta role model keteladanan tenaga pendidik dan habituasi religius-moderat di Madrasah.


Keywords


strategy; fostering; moderate-religious; extremism; strategi; pembinaan; moderasi beragama; ektremisme

Full Text:

PDF

References


Abrori, M. Sayyidul, Fajar Fauzi Raharjo, and Nuriyah Lailiy. “Muatan Islam Moderat dalam Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam Di Prodi Teknik Pertambangan UPN Veteran Yogyakarta.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019).

Alawi, Hapsi, and Muhammad Anas Ma`arif. “Implementasi Nilai Islam Moderat Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural.” JRTIE: Journal of Research and Thought on Islamic Education 4, no. 2 (2021):

Albana, Hasan, Artikel Disubmit, Artikel Direvisi, and Artikel Disetujui. “Implementasi Pendidikan Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas” 09 (2023)

Aly, Abdullah. “Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta.” Jurnal VARIDIKA 24, no. 4 (2015)

Aziz, Abdul, and A. Khoirul Anam. “Moderasi Beragama Berlandaskan Nilai-Nilai Islam” (2021). www.pendis.kemenag.go.id/pai/.

Azmi, Muhammad Bagus. “Penerapan Nilai-Nilai Islam Moderat di Kalangan Mahasantri Ma’Had Sunan Ampel Al-Aly Uin Maulana Malik Ibrahim Malang.” Skripsi (2019): http://etheses.uin-malang.ac.id/16819/%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/16819/1/15110190.pdf.

Fattah, Abdul. “Tafsir Tematik Islam Moderat Perspektif Al-Quran.” MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 5, no. 2 (2020)

Firmansyah. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Development of Multicultural Based Islamic Religious Education Curriculum.” Anthrops: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) 5, no. 2 (2020)

Halim, Abdul, Ach Zukin, and Rohiki Mahtum. “Paradigma Islam Moderat di Indonesia dalam Membentuk Perdamaian Dunia.” Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi (JISMA) 1, no. 4 (2022)

Hefni, Wildani. “Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Jurnal Bimas Islam 13, no. 1 (2020)

Khaswara, Fajar. “Moderasi Beragama Dalam Bingkai Globalisasi Dan Multikulturalisme di Indonesia.” Gunung Djati Conferences Series 8 (2022)

Lestari, Shinta, and Heri Yusuf Muslihin. “Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal PAUD Agapedia 4, no. 2 (2020)

M.R, Muhammad Sulthon Arif Jalaludin, Mujamil Qomar. “Pendidikan Islam Multikultural: Upaya Penguatan Karakter Religius Dan Nasionalis.” Incoilsfdpdiktis2021.Iaipd-Nganjuk … 1, no. 1 (2021) https://incoilsfdpdiktis2021.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/incoils/article/view/28.

Massoweang Abdul. Moderasi Beragama dalam Lektur Keagamaan Islam di Kawasan Timur Indonesia. Lipi Press, 2021.

Mohammad Fahri, and Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar 25, no. 2 (2019)

Muaz, Muaz, and Uus Ruswandi. “Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 8 (2022)

Munfa, Kusnul. “Integrasi Nilai Islam Moderat pada Pendidikan Karakter di MI Miftahul Ulum Driyorejo Gresik” 1, no. 1 (2023)

Murtadlo, Muhammad. Pendidikan Moderasi Beragama : Membangun Harmoni, Memajukan Negeri, 2021.

Mustafa, Muhammad Sadli. “Awa Itaba La Awai Assangoatta: Aplikasi Moderasi Beragama Dalam Bingkai Kearifan Lokal To Wotu.” Al-Qalam 26, no. 2 (2020)

Naj’ma, Dinar Bela Ayu, and Syamsul Bakri. “Pendidikan Moderasi Beragama dalam Penguatan Wawasan Kebangsaan” 5, no. 2 (2021).

Nurdin, Fauziah. “Moderasi Beragama Menurut Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah 18, no. 1 (2021)

Raga Cipta Prakasih, Firman dan Rusdinal. “Jurnal Pendidikan Indonesia Pendidikan Nilai Nasionalisme dan Anti Radikalisme dalam Pendidikan Multikultural Raga Cipta Prakasih , Firman Dan Rusdinal Universitas Negeri Padang , Sumatera Barat , Indonesia Email : Ragacipta21@gmail.com INFO ARTIKEL Diter.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 2 (2021)

Rahnang, Rahnang, Pipit Widiatmaka, Farninda Aditya, and Adiansyah Adiansyah. “Pembangunan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022)

Robert, By, and E Bob Brown. Moderasi Beragama Untuk Perempuan Muslim, 2004.

Setyazi, Gama. “Pendidikan Multikultural dalam Bingkai Pemikiran Nasionalis; Komparasi Konsep Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid.” Fitrah: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2022)

Shodiq, Muhammad. “Mengenalkan Pancasila Melalui Nilai-Nilai Islam Moderat.” Bertuah Jurnal Syariah dan Ekonomi Islam 2, no. 1 (2021)

Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (2019)

Syatar, Abdul, Muhammad Majdy Amiruddin, Islamul Haq, and Arif Rahman. “Darurat Moderasi Beragama di Tengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan 13, no. 1 (2020)

Umar, Mardan, Feiby Ismail, and Nizma Syawie. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 19, no. 1 (2021)

Yulianto, Rahmad. “Islam Moderat Indonesia (Moderasi Muhammadiyah).” Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama 6, no. 1 (2020). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Ah/article/view/5413.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v19i2.246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com