IMPLEMENTASI MODEL ADDIE SEBAGAI STRATEGI INOVATIF UNTUK MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN PAI YANG INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR

Mulyawan Safwandy Nugraha, Hilyatul Milah, Tarsono Tarsono

Abstract


Abstract

The learning process is said to be good if it has been designed clearly. The design of the learning process can clarify the direction of learning objectives. Learning objectives will be more easily achieved if the learning process takes place interactively. There needs to be strategies used by teachers to create interactive learning. There are many models for designing learning. One of them is the ADDIE model. This research aims to determine the implementation of the ADDIE model as an innovative strategy for creating interactive PAI learning. The research was carried out using a qualitative approach using field research techniques. The research results show that the ADDIE model is effectively used as a step in determining strategies for creating interactive PAI learning.

Abstrak

Proses pembelajaran dikatakan baik, jika sudah dirancang dengan jelas. Rancangan proses pembelajaran dapat memperjelas arah tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai jika proses pembelajaran berlangsung secara interaktif. Perlu adanya strategi yang digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif. Terdapat banyak model dalam merancang pembelajaran. Salah satunya yaitu model ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model ADDIE sebagai strategi inovatif untuk menciptakan pembelajaran PAI yang interaktif. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan teknik penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya model ADDIE efektif digunakan sebagai langkah dalam menentukan strategi dalam menciptakan pembelajaran PAI yang interaktif.

 


Keywords


ADDIE model; innovative strategy; interactive learning;model ADDIE; strategi inovatif; pembelajaran interaktif

Full Text:

PDF

References


Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3, no. 1 (2019): 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Dewi, Ni Luh Putu Sintia, and Ida Bagus Surya Manuaba. “Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 5, no. 1 (2021): 76–83.

Hidayat, Fitria, and Muhamad Nizar. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1, no. 1 (2021): 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.

Idrus. “EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1.” Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, no. 2 (2019): 920–35.

Kaltsum, Lilik Ummi, Mundzier Suparta, Fuad Thohari, and Khaeron Sirin. “Model Pembelajaran Tahfidz Al-Qur ’ an Di.” An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial 8, no. 2 (2021): 347–73. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/annuha.v8i2.458.

Khasanah, Khuswatun. “Peta Konsep Sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan 3, no. 2 (2019): 152–64. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.8.

Lestari, Fina Aulika, A Syaifurrahman, and H H Sagala. “Pengaruh Pendekatan Value Clarification Technique Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak.” Hikmah: Journal of Islamic Studies 19, no. 1 (2020): 103. https://doi.org/https://doi.org/10.47466/hikmah.v19i1.226.

Nugraha, Mulyawan Safwandy, and Ai Rohayani. “Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Penanggulangan Potensi Radikalisme Di Man 1 Kota Sukabumi.” Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 (2019): 230–40. https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.30.

Nurul Romdoni, Lisda, and Elly Malihah. “Membangun Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5, no. 2 (2020): 13–22. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).4808.

Rohaeni, Siti. “Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini.” Instruksional 1, no. 2 (2020): 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130.

Suaidi, Ended Hamzah, Abusiri, and Putra Dian Kharisma Ivada. “Analisis Isi Bahan Ajar Pai Bab Shalat Kelas Vii Ditinjau Dari Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” INTERSTUDIA: Journal of Contemporary Education in Islamic Society 1, no. 1 (2023): 56–74. https://doi.org/10.47466/interstudia.

SUDIRMAN, SUDIRMAN. “Mendesain Pembelajaran Tematik-Integratif Berpandukan Pranada Kunci G.” EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran 2, no. 3 (2022): 263–73. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1542.

Sufiani, Sufiani, Aris Try Andreas Putra, and Raehang Raehang. “Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Di Raudhatul Athfal.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (2022): 62–75. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.129.

Sukardi, Ellora, Graceyana Jennifer, and Vanesia Ciayadi Kwang. “Pemenuhan Hak Asasi Manusia Dalam Dinamika Perubahan Kebijakan Pendidikan Anak Dan Teknologi Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan 3, no. 1 (2022): 17–36. https://doi.org/10.18196/jphk.v3i1.12427.

Sutrisno, and Nurul Mahruzah Yulia. “Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum.” AL-MUDARRIS: Journal of Education 5, no. 1 (2022): 105–23. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v.

Syahputra, Muhammad Candra. “Pengembangan Model ADDIE Dalam Media Pembelajaran PAI Berbasis Komputer Di SMP YAPITA Surabaya.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 07, no. 2 (2020): 104–13.

Umamah, Risa, Hani Shalihatun, Sigit Purnomo, Septina Nur`aini, and Rizki Ramadhasari. “Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Thaharah.” Jurnal Penelitian 13, no. 1 (2019): 1. https://doi.org/10.21043/jp.v13i1.4645.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v19i2.245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com