TERAPI AMPUH MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT BULLYING DI MEDIA SOSIAL ERA DIGITAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Abstract
Abstract
This article also aims to review prevention methods and strategies to stop bullying. This research method is library research. Library research is research where the data or materials needed to complete the research come from the library either in the form of books, encyclopedias, dictionaries, journals, magazines and so on. The results of this study indicate that: there are several ways to prevent bullying, according to the messages in the Al-Qur'an surah Al-Hujurat verse 11 and surah Al-Maidah verse 54. These two verses provide ethical solutions when using social media, namely: when using social media you should use good sentences, contain good messages, and don't call with bad names. Preventive actions offered: provide spiritual awareness about the importance of preventing bullying from an early age, support cooperation and break the cycle of conflict, eliminate inferior attitudes for victims of bullying and hone assertive abilities.
Abstrak
Artikel ini juga bertujuan untuk mengulas metode pencegahan dan strategi untuk menghentikan tindakan bullyingMetode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan merupakan jenis penelitian di mana data atau materi yang dibutuhkan untuk penelitian diperoleh dari sumber-sumber di perpustakaan, seperti buku, ensiklopedia, kamus, jurnal, majalah, dan lain sebagainya. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai cara untuk mencegah perundungan, sejalan dengan pesan yang terdapat dalam Al-Qur'an, seperti dalam Surah Al-Hujurat ayat 11 dan Surah Al-Maidah ayat 54. Kedua ayat tersebut memberikan solusi dalam beretika ketika menggunakan media sosial, yaitu: saat menggunakan media sosial hendaklah menggunakan kalimat yang baik, berisi pesan-pesan yang baik, dan tidak memanggil dengan panggilan yang tidak baik. Langkah-langkah pencegahan yang diajukan meliputi: menyebarkan kesadaran spiritual mengenai pentingnya mencegah bullying sejak dini, memfasilitasi kerjasama dan memutus siklus konflik, mengatasi rasa rendah diri pada korban bullying, serta mengembangkan kemampuan asertif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Maraghi, Ahmad bin Musthafa. Tafsir Al-Maraghiy, Juz 26. Mesir: Musthafa Al-Baabiy Al-Jallabiy, 1365.
Al-Ayyubi, M. Zia. “Etika Bermedia Sosial dalam Menyikapi Pemberitaan Bohong (Hoax) Perspektif Hadis.” Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Vol. 19, no. No. 2 (2018). 148.
Aunillah. “Fenomena Bullying Perspektif Hadis : Upaya Spritual Sebagai Problem Solving Atas Tindakan Bulllying.” Jurnal Studi Hadis Vol. 4, no. No. 2 (2018). 310.
Al-Baidhowy, Nasir al-Din Abu Sa’id Abdullah. Anwar Al-Tanziil Wa Asraar Al-Ta’will, Juz 5. Beirut: Dar Ihya’ AL-’Arabiy, 1418.
Bin, Al-Din Abu Al-Faraj ’Abd Al-Rahman bin ’Aliy bin Muhamad Al-Jauziy. Zaad Al-Masiir Fii ’ilm Al-Tafsir, Juz 2. Beirut: Daar Al-Kitab Al-’Arabi, 1422.
Chakrawati, Fitri. Bullying Siapa Takut. Solo: Tiga Ananda, 2018.
Destianty, Ika Candra. “Studi Literatur : Bullying Ancaman Nyata dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Educational and Development Vol. 10, no. 1 (2022). 165.
Dafiq, Nur, dkk. “Upaya Edukasi Pencegahan Bullying pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten NTT.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3, no. 3 (2020). 124.
Fazry, Laila dan Nurliana Cipta Apsari. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Di Kalangan Remaja.” Jurnal Penabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat Vol. 2, no. 1 (2021): 273.
Handoko. Kamus Lengkap 700 Trilyun. Jakarta: Lingkar Media, 2015.
Hoperman, T. A, dkk. “Dampak Bulyying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Vol. 4, no. No. 1 (2020). 53.
Irhamdi, Muhammad. “Menghadirkan Etika Komunikasi di Media Sosial (Facebook).” Jurnal Komunike Vol. 10, no. No. 2 (2018). 140.
Kurniasari, Atriska Dewi dan Diana Rahmasari. “Ide Bunuh Diri pada Korban Bullying.” Jurnal Peneltian Psikologi Vol. 7, no. 3 (2020). 117.
Katsir, Ibn. Tafsir Al-Qur’an, Juz 4. Beirut: Daar Thayyibah Lilnasyar wa Al-Tauzii, 1999.
Nurjana, Siti, dkk. “Kontruksi Perundungan dan Solusinya dalam Al-Qur’an.” Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis Vol. 11, no. No. 1 (2022). 164.
Pradhana, Comelius Vito Pascal. “Bunuh Diri Akibat Bullying.” Jurnal Konsarsium Psikologi Ilmiah Nusantara Vol. 5, no. No. 23 (2019). 3.
RI, Kemenag. Syamil Quran Bukhara Tajwid dan Terjemah. Jakarta: Sigma, 2010.
Simbolong, Mengadar. “Perilaku Bullying pada Mahasiswa Berasrama.” Jurnal Psikologi Vol. 39, no. No. 2 (2012). 236.
Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.
Tim Penyusun. Al-Qur’an Perkata Idonesia Inggris. Jakarta: Kalam Media Ilmu, 2014.
Y. Nugroho. “Adopting Technology, Transformating Society: The Internet and The Reshaping of Civil Activism in Indonesia.” Journal of Emerging Technologies and Society Vol. 6, no. 22 (2018): 45.
Yuyarti. “Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter.” Jurnal Kreatif Vol. 9, no. No. 1 (2018): 54–55.
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v20i1.218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com