MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MASYARAKAT MULTIKULTUR

Ahmad Faozan

Abstract


Abstract
This article proposes the whole-school approach model, an approach to put multicultural education as strategy to involve all the stakeholders of schools in one system. Islamic education is a sub system of multicultural national education system. Religious moderation in Islamic education is a hidden curriculum, to present Islam as moderate religion, not to serve religious subject as violence and extremism. The strategy or religious moderation can be seen from some aspects, such as teacher, textbook and extra-curricular activities.

Abstrak
Artikel ini menawarkan model whole-school approach, pendekatan yang memandang pendidikan multikultural sebagai sebuah strategi pendidikan yang melibatkan semua elemen sekolah sebagai sebuah sistem. Pendidikan Agama Islam merupakan sub sistem dari sistem pendidikan nasional yang multikultural. Moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam dijadikan sebagai hiidden curriculum berarti cara mengajarkan pendidikan agama Islam yang moderat, bukan pendidikan agama yang mengajarkan kekerasan dan keekstreman. Strategi moderasi beragama dalam pendidikan agama Islam untuk masyarakat Indonesia multikultural dapat dilihat dari beberapa aspek antara lain guru, buku ajar dan kegiatan ekstrakurikuler.

Keywords


Moderasi beragama; pendidikan agama Islam; pendidikan multikultural

Full Text:

PDF

References


Abdul Azis Muslim, dkk. 2018. Menjaga Benteng Kebinekaan di Sekolah: Studi Kebijakan OSIS di Kota Padang, Kab. Cirebon, Kab. Sukabumi, Kota Surakarta, Kota Denpasar dan Kota Tomohon. Jakarta: Maárif Institue.

Azyumardi Azra. 2018. Catatan Perkuliahan pada Mata Kuliah Contemporary Islamic World pada Program Doktor Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Azyumardi Azra. 2007. Merawat Kemajemukan Merawat Indonesia. Seri Orasi Budaya. Yogyakarta: Penerbit Impulse.

Bano Masooda, Didin Syafruddin, Azyumardi Azra, Abuddin Nata, Rusydy Zakaria, dan Suparto Sunoko. 2016. Study on Islamic Religious Education in Secondary Schools in Indonesia. Jakarta: Directorate of Islamic Education Ministry of Religious Affair, Republic of Indonesia Kemenag RI.

Choirul Mahfud. 2016. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dede Rosyada. 2017. Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama: Gagasan Konsepsional, dalam Madrasah dan Profesionalisme Guru dalam arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Jakarta: Penerbit Kencana.

Didin Syafruddin, dkk. 2018. Potret Guru Agama: Pandangan tentang Toleransi dan Isu-Isu Kehidupan Keagamaan. Jakarta: PPIM UIN Syarif Hidayatulah dan Prenadamedia.

Hamid Nasuhi, dkk. 2018. Intoleransi dalam Buku Pendidikan Islam: Telaah atas Isi dan Kebijakan Produksi. Jakarta: PPIM UIN Syarif Hidayatulah dan Prenadamedia.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/moderasi, diunduh pada 27/09/2019.

https://www.dictionary.com/browse/moderation?s=t, diunduh pada 27/09/2019.

J. Mark Halstead, Values and Values Education in Schools, in J. Mark Halstead and Monica J. Taylor (ed). 1996. Values in Education and Education in Values. London, The Falmer Press.

James A. Banks, Multicultural Education: Characteristics and Goals, in James A. Banks and Cherrya.McGee Banks (ed). 2010. Multicultural Education Issues and Perspectives, Seventh Edition. New Jersey: Wiley.

Lukman Hakim Saifuddin. 2019. Moderasi untuk Kebersamaan Umat: Memaknai Rapat Kerja Nasional Kemenag.

Muhammad Tholchah Hasan. 2016. Pendidikan Multikultural sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Malang: Lembaga Penerbitan Unisma.

Muhammad Wildan, dkk. 2019. Menanam Benih di Ladang Tandus: Potret Sistem Produksi Guru Agama Islam di Indonesia. Yogyakarta: CISForm UIN Sunan Kalijaga.

R. Raihani. 2017. Education for Multicultural Citizens in Indonesia: Policies and Practices. A Journal of Comparative and International Education DOI: 10.1080/03057925.2017.1399250.

Raihani 2019. Pendidikan Islam dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Rangga Eka Saputra. 2018. Convey Report: Sikap dan Perilaku Keberagamaan Guru dan Dosen Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PPIM UIN Syarif Hidayatulah.

Syafiq A. Mughni. 2016. Pendidikan Berbasis Multikulturalisme, dalam Choirul Mahfud, Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v16i2.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com