Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur'an dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
memorize al-Qur'an, students' attitude, and interactions both of
them towards students' learning outcomes in mathematics. The
research method used is the correlational survey method, the
number of sample are 60 students from two classes who conduct
memorization of Al-Qur'an. Data collection was done by using
questionnaire distribution and test technique. Data analysis
using correlation analysis and multiple regression methods.
The statistical test used was t test and F test. Data analysis used
correlation and regression techniques (simple & plural). From the
research results found that: (1) there is a significant influence
between the ability to read Al-Qur'an towards mathematics
learning outcomes (r = 0.883 and Ŷ = 1,276 + 1,182X1). (2)
there is significant influence between students' attitude towards
mathematics learning outcomes (r = 0.876 and Ŷ = 0.509 +
0.138X2). (3) there is significant influence between the ability to
memorize Al-Qur'an and students' attitude towards mathematics
learning outcomes (r = 0.893 and Ŷ = 0.183 + 0.062X1 + 0.689X2).
Keywords: Memorize al-Qur’an, Student’s Attitude, Matematics
Learning Outcame.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kemampuan menghafal al-Qur’an, sikap siswa dan interaksi
keduanya terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode survey korelasional,
sampel berjumlah 60 siswa dari dua kelas yang menerapkan
hafalan al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik penyebaran angket dan teknik tes. Analisa
data dengan menggunakan metode analisis korelasi dan regresi
ganda. Uji statistik yang digunakan adalah uji t dan uji F. Analisis
data menggunakan teknik korelasi dan regresi (sederhana &
jamak). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) terdapat
pengaruh yang berarti antara kemampuan membaca al-Qur’an
terhadap hasil belajar matematika (r = 0,883 dan Ŷ = 1.276 +
1,182X1). (2) terdapat pengaruh yang berarti antara sikap siswa
terhadap hasil belajar matematika (r = 0,876 dan Ŷ = 0.509 +
0,138X2). (3) terdapat pengaruh yang berarti antara kemampuan
menghafal Al-Qur’an dan sikap siswa terhadap hasil belajar
matematika (r = 0,893 dan Ŷ = 0.183 + 0,062X1 + 0,689X2).
Kata Kunci: Menghafal al-Qur’an, Sikap Siswa, Hasil Belajar
Matematika.
Full Text:
PDFReferences
Arif Rohman, Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan,
(Yogyakarta: Laksbang Mediatama, 2009), 223.
Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA
(One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan
Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia,
(2), 181-198.
Bassette, L. P. (2004). An assessment of the attitudes and outcomes
ofstudents enrolled in developmental basic mathematics
classes atPrince George’s community college (Doctoral
dissertation). VirginiaPolytechnic Institute and State
University.. Diunduh dari http://academia.edu/
Erman Suherman ,dkk, Strategi Pembelajaran Matematika
Kotemporer, Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan
Indonesia.
Hartono. SPSS 16. (2008). Analisis Data Statistika dan Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ilmia, M. (2016). Hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan
prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Assalam
Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam
Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Jayanti, L. F. (2019). Pengaruh Motivasi Menghafal Al-Qur’an
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an
Hadist Ma Darul Falah Bendiljati Kulon Tahun 2018/2019.
Neni, M. A. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap
Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren
Al-Qur’an Muhammad Thoha Alfasyni Bogor. Tadbir
Muwahhid, 4(1).
Nuryanti, Lusi. (2008). Psikologi Anak, Jakarta: PT. Indeks.
Romi, R., Arief, Y., & Siregar, J. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa Yang Mengikuti Dan Tidak
Mengikuti Program Menghafal Al-Qur’an. An-Nafs, 12(1),
-11.
Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Sa’dulloh, 2008. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta:
Gema Insani.
Sudjana, N. (2011). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilo, T. A. B., & Agustin, I. (2015). Pengaruh Sikap Siswa pada
Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP.
Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v15i2.137
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com