Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur'an dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika

Sita Husnul Khotimah

Abstract


The purpose of this study is to determine the effect of ability to
memorize al-Qur'an, students' attitude, and interactions both of
them towards students' learning outcomes in mathematics. The
research method used is the correlational survey method, the
number of sample are 60 students from two classes who conduct
memorization of Al-Qur'an. Data collection was done by using
questionnaire distribution and test technique. Data analysis
using correlation analysis and multiple regression methods.
The statistical test used was t test and F test. Data analysis used
correlation and regression techniques (simple & plural). From the
research results found that: (1) there is a significant influence
between the ability to read Al-Qur'an towards mathematics
learning outcomes (r = 0.883 and Ŷ = 1,276 + 1,182X1). (2)
there is significant influence between students' attitude towards
mathematics learning outcomes (r = 0.876 and Ŷ = 0.509 +
0.138X2). (3) there is significant influence between the ability to
memorize Al-Qur'an and students' attitude towards mathematics
learning outcomes (r = 0.893 and Ŷ = 0.183 + 0.062X1 + 0.689X2).
Keywords: Memorize al-Qur’an, Student’s Attitude, Matematics
Learning Outcame.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kemampuan menghafal al-Qur’an, sikap siswa dan interaksi
keduanya terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode survey korelasional,
sampel berjumlah 60 siswa dari dua kelas yang menerapkan
hafalan al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan teknik penyebaran angket dan teknik tes. Analisa
data dengan menggunakan metode analisis korelasi dan regresi
ganda. Uji statistik yang digunakan adalah uji t dan uji F. Analisis
data menggunakan teknik korelasi dan regresi (sederhana &
jamak). Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) terdapat
pengaruh yang berarti antara kemampuan membaca al-Qur’an
terhadap hasil belajar matematika (r = 0,883 dan Ŷ = 1.276 +
1,182X1). (2) terdapat pengaruh yang berarti antara sikap siswa
terhadap hasil belajar matematika (r = 0,876 dan Ŷ = 0.509 +
0,138X2). (3) terdapat pengaruh yang berarti antara kemampuan
menghafal Al-Qur’an dan sikap siswa terhadap hasil belajar
matematika (r = 0,893 dan Ŷ = 0.183 + 0,062X1 + 0,689X2).
Kata Kunci: Menghafal al-Qur’an, Sikap Siswa, Hasil Belajar
Matematika.

Full Text:

PDF

References


Arif Rohman, Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan,

(Yogyakarta: Laksbang Mediatama, 2009), 223.

Anwar, K., & Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA

(One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan

Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia,

(2), 181-198.

Bassette, L. P. (2004). An assessment of the attitudes and outcomes

ofstudents enrolled in developmental basic mathematics

classes atPrince George’s community college (Doctoral

dissertation). VirginiaPolytechnic Institute and State

University.. Diunduh dari http://academia.edu/

Erman Suherman ,dkk, Strategi Pembelajaran Matematika

Kotemporer, Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan

Indonesia.

Hartono. SPSS 16. (2008). Analisis Data Statistika dan Penelitian.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ilmia, M. (2016). Hubungan antara hafalan Al-Qur’an dengan

prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Assalam

Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam

Negeri Maulana Malik Ibrahim)

Jayanti, L. F. (2019). Pengaruh Motivasi Menghafal Al-Qur’an

Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an

Hadist Ma Darul Falah Bendiljati Kulon Tahun 2018/2019.

Neni, M. A. (2017). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap

Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok Pesantren

Al-Qur’an Muhammad Thoha Alfasyni Bogor. Tadbir

Muwahhid, 4(1).

Nuryanti, Lusi. (2008). Psikologi Anak, Jakarta: PT. Indeks.

Romi, R., Arief, Y., & Siregar, J. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa Yang Mengikuti Dan Tidak

Mengikuti Program Menghafal Al-Qur’an. An-Nafs, 12(1),

-11.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Sa’dulloh, 2008. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, Jakarta:

Gema Insani.

Sudjana, N. (2011). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susilo, T. A. B., & Agustin, I. (2015). Pengaruh Sikap Siswa pada

Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP.

Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v15i2.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com