Kompetensi Pendidikan Agama dalam Surat Al-'Alaq Perspektif Tafsir Al-Misbah Karya Muhammad Quraish Shibah

Dewi Ayu, Taufik Abdillah Syukur

Abstract


The purpose of this study was to determine the Competence of
Religious Educators based on Q.S. Al-‘Alaq's perspective on the
Tafsir al-Misbah by M. Quraish Shihab. Research that uses the
Pure library research method. The results of this study obtained
data that the competence of religious educators in the Q.S. al-‘Alaq
perspective of Tafsir Al-Misbah by M. Quraish Shihab consists of
pedagogic competence, personality competence, social competence,
and professional competence. This conclusion supports Article
10 of the Law of the Republic of Indonesia number 14 of 2005
concerning teacher competencies.
Keywords: Competence, Religious Educator, Surat al-‘Alaq, Tafsir
al-Misbah

penelitian ini adalah untuk mengetahui Kompetensi
Pendidik Agama berdasarkan Q.S. Al-Alaq perspektif tafsir al-
Misbah karya M. Quraish Shihab. Penelitian yang menggunakan
metode Pure library research. Hasil penelitian ini memperoleh
data bahwa kompetensi pendidik agama dalam Q.S. al-‘Alaq
perspektif tafsir al-Misbah karya M. Quraish Shihab terdiri dari
kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi
sosial, dan kompetensi profesional. Kesimpulan ini mendukung
Pasal 10 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun
2005 tentang kompetensi guru.
Kata Kunci: Kompetensi, Pendidik Agama, Surat al-‘Alaq, Tafsir
al-Misbah

Full Text:

PDF

References


Anis, Muhammad. Tafsir Ayat Pendidikan: Wahyu Pertama sebagai

Lonceng Kemajuan Peradaban Umat Manusia. Dalam

Antologi Kependidikan Islam: Kajian Pemikirran Pendidikan

Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN

Sunan Kalijaga. 2010.

Arief, Armai. Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat

Pers. 2002

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 1996

Daradjat, Zakarya. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta:

Ruhama. 1995.

Djamarah, Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.

Surabaya: Usaha Nasional. 1994.

Hamalik, Oemar. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan

Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.

Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru.

Jakarta: Rajawali Pers. 2010.

Lajnah Pentashihah Mushaf Al-Qur’an. Pendidikan, Pembangunan

karakter, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:

Aku Bisa. 2012

Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran

Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya. 2011.

Ni’am, Asrorun. Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta: eLSAS.

Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model

Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan.

Jakarta: Prenada Media. 2004.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Maudu’I: Atas Berbagai Persoalan Umat.

Bandung: Mizan. 2000

_______. Tafsir Al mishbah: Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an.

volume 7. Jakarta: Lentera Hati. 2002.

_______. Tafsir Al mishbah: Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an.

volume 8. Jakarta: Lentera Hati. 2002.

_______. Tafsir Al mishbah: Pesan, Kesan dan keserasian Al-Qur’an.

Juz Amma. Volume 15. Jakarta: Lentera Hati. 2002.

_______. Membumikan AL-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam

Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. 2013.

Suparlan. Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publisshing.

Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Bandung:

Alfabeta. 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v15i2.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com