PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAZKIYATUN NAFS DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-HAYAH JAKARTA

Ratna Dewi, Abusiri Abusiri, Subhan Subhan, Al Aimin Al Aimin

Abstract


This article aims to analyze the implementation of tazkiyatun nafs learning in shaping the personality of Santri at the Al-Hayah Islamic boarding school in Jakarta. This research is qualitative with data collection methods through observation, interviews and documentation. The data sources used are primary data with direct interviews with Santri, Musyrif-Musyrifah, Director of Islamic Boarding School caregivers of Islamic Boarding Schools and secondary data namely archives, photos, personal documents. From the research findings, it was revealed that the efforts of the Islamic Boarding School in shaping the personality of Santri at Al-Hayah Islamic Boarding School are instilling values by teaching books, teaching independence, teaching sensitivity and solidarity, enforcing regulations accompanied by gifts and sanctions and familiarizing students with Sunnah worship that is carried out continuously. Thus, students are formed who not only have broad knowledge but also give birth to students who have good morals, so that they can deliver it to a high degree.

Keywords


Implementation of Learning, Tazkiyatun Nafs, Shaping Personality

Full Text:

XML

References


A. Musri Yusuf, Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan penelitian Gabungan, Jakarta: Prenada Media Grup, 2015

Abdurrahman An-Nahlawy, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: CV. Diponegoro,1992, Cet. Ke- 2

Abdul Rahman Saleh, Pendidikan agama dan pembangunan watak bangsa, Jakarta: PT Rajagrafindo persada, 2006

Abduh Fattah Jalal, Azaz-Azaz pendidikan Islam, Terj. Herry Noer Ali, Bandung: CV. Diponegoro, 1988

Abdul Majid, Fitrah dan kepribadian Islam: sebuah pendekatan Psikologis, Jakarta: Darul Fallah, 1999, Cet. Ke-1

Ahmad D Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: al- Ma’arif,1989

Agus Sujanto, Psikologi kepribadian, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2001, Cet. Ke-9.

An-Nahlawy Dalam Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif, Bandung: Rosda Karya

Amru, Khalid, Jernihkan Hati, (Islahul Qulub), Penerjemah Kuwais, Jakarta: Penerbit Republika, 2005

Al-Ghazali, Mutiara Ihya Ulumuddin (Mukhtasor Ihya` Ulumuddin), alih bahasa Irwan Kurniawan, Bandung: Pustaka Mizan, 2008

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2015

Derajat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2005, Cet Ke-17

Djunaidatul MMunawwaroh dan Tanenji, Filsafat Pendidikan: Perspektif Islam dan Umum, Jakarta: UIN Jakarta Press,2003, Cet, Ke-1

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, Jakarta: Departemen Agama RI, 2006

Fadhilah Suralaya, Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Jakarta: UIN Press, 2005, Cet, Ke- 1

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2006

Hadari An Nawawi, Pendidikan Dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, 1993

Jalaluddin dan Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996, Cet. Ke-2

M Alisuf Sabri, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005

MMasyhuri, Prinsip-Prinsip Tazkiyah al-Nafs Dalam Islam dan Hubungannya dengan Kesehatan; Vol. 37, No. 2 Juli Desember 2012

M. Arifin, Pokok-Pokok Pikiran Tentang Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1976

M. Djunaidi Ghony dan Fauzan Almansur, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014, Cet. Ke-2

Mahyudin dan Anis Masykur, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Jakarta: Pustaka Hikmah, 2021

Miles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992

Munawwaroh, Djunaidatul dan Tanenji, Filsafat Pendidikan: Perspektif Islam dan Umum, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2003

Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini, Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta: PT Teras, 2012, Cet, ke-1

Rru Fiaa’ raub Rafi`, Terapi Penyakit Korupsi, Jakarta: Penerbit Republika, 2004

Rahmat Hidayat dan Candra Wijaya, Ilmu pendidikan "Konsep, Teori dan Aplikasinya", Medan: LPPPI, 2019, Cet. Ke-1

Sri Hayati, Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperatife Learning, Yogyakarta: Graha Cendekia, 2016

Sarlito Wirawan Sarwono, Psikologi Remaja, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008

Sa’ad Riyadh, Jiwa Dalam Bimbingan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Penerjemah: Abdul Hayyie Al-Kattani, dkk, Jakarta: Gema Insani Press, 2007

Sa’id Hawa’, Tazkiyatun Nafs, Konsep dan Kajian Komprehensif Dalam Aplikasi Menyucikan Jiwa, Alih Bahasa Nur Hadi, dkk, Surabaya: Era Adicitra Intermedia, 2016

Uniarti, (2019) Konsep Tazkiyatun Nafs dalam Al-Qur'an (Kajian surat asy-syams ayat 9-10) dalam pendidikan Islam. Undergraduate skripsi, UIN Raden Intan Lampung. Di download pada hari Sabtu, 24 Desember 2021, pukul: 08:15 WIB

Yuberti, TEORI Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar DalamPendidikan, Bandar Lampung: PT Anugrah Utama Raharja (AURA), 2014, Cet. Ke-1

Zakiah Derajat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2005, Cet Ke-17


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.