Manajemen Ekonomi Pondok Pesantren: Studi al-Ashriyah Nurul Iman Parung

Mundzier Suparta, Mahyudin Mahyudin

Abstract


Absract
Boarding school (pesantren) is an image of traditional education, and for years has been mantaining its tradition through development of pesantren educational system. However, its encounter with modern world motivates pesantren to adapt by accomodating values of modernism in its management. Pesantren of al-Ashriyah Nurul Islam is one of pesantren which modernize its economic management. This pesantren creates various business units such as rubbish-recycling, production of soybeand curd and fermented soybean cake, production of bread, cooperation, plantation and such. Outcomes of those businesses are used to develop pesantren and schoolarship program. Those business units have to be maximum because the thousands number of students there are not asked for educational fee.

Keywords: Management, Boarding School Economic, Entrepreneurship



Abstrak
Pondok pesantren merupakan potret pendidikan tradisional dan selama bertahun-tahun mempertahankan tradisinya melalui pembangunan sistem pendidikan pesantren. Namun persentuhan dengan dunia modern, mendorong pesantren untuk melakukan penyesuaian dengan mengakomodasi nilai-nilai modernism dalam manajemen pengelolaan. Pondok Pesantren al-Ashriyah Nurul Islam termasuk pesantren yang memodernisasi manajemen ekonomi. Ragam unit-unit usaha di bidang ekonomi diciptakan mulai dari pengelolaan sampah, produksi tahu-tempe, produksi roti, koperasi, perikanan, perkebunan dan unit usaha lainnya. Hasil usaha tersebut dipergunakan untuk pengembangan pesantren dan pemberian beasiswa. Dengan jumlah santri yang mencapai ribuan orang, sudah barang tentu unit usahanya harus maksimal. Karena di dalam pesantren tersebut, seluruh santri tidak dimintai biaya pendidikan.

Kata Kunci: Manajemen, Ekonomi pesantren, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Ara, Hidayat dan Imam Machali, Pengelolaan Pendidikan Konsep, Prionsip dan Aplikasi dalamMmengelola Sekolah dan Madrasah,(Bandung: Pustaka Educa, 2010).

Arifin, Imron, Kepemimpinan Kiai; Kasus Pondok Pesantren Tebuireng, (Malang,; Kalimashada Press, 1993).

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, (Jakarta: Logos, 1999).

Bodnar, Goerge H. dan William S. Hopwood, Sistem Informasi Akuntansi, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001).

Bull, Ronald Alan Lukens, A Peaceful Jihad: Javanese Education and Religion IdentityConstruction, (Michigan:Arizona State University, 1997).

Daulay, Haidar Putra, Historitas dan Eksistensi Pesantren Sekolah dan Madrasah (Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya, 2001).

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, (Jakarta: LP3ES, 1994).

Fatah, Nanang, Ekonomi dan Pembeayaan Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000).

Faturrahman, Pupuh, “Pengembangan Pondok Pesantren: Analisis Terhadap Keunggulan Sistem Pendidikan Terpadu”, Jurnal Lektur, Seri XVI/ 202.

Hafidhuddin, Didin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktek, (Jakarta: Gema Insani Press, 2003), Cet. Ke-1.

Halim, A., dkk.,Manajemen Pesantren, (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005).

Hidayat, Komarudin, “Pesantren dan Elit Desa”, dalam M. Dawam Rahardjo, Pergulatan Dunia Pesantren; Membangun dari Bawah, (Jakarta: P3M, 1985).

Madjid, Nurcholis, Bilik-Bilik Pesantren, Sebuah Potret Perjalanan, (Jakarta: Paramadina, 1997).

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren (Jakarta: INIS, 1994).

Masyhud, Shulton dan Khusnuridlo, Manajemen Pondok Pesantren, (Jakarta: Diva Pistaka, 2003).

_______, Manajemen Pondok Pesantern dalam Perspektif Global, (Yogyakarta: Laks Bang, 2006).

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1989), cet. ke-1.

Mulyana, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: Remaja rosda karya, 2003).

Nasution, Arman Hakim, dkk., Entrepreneurship Membangun Spirit Teknopreneurship, (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007).

Rahardjo, Dawam, Pergulatan Dunia Pesantren, hal. vii. Husni Rahim, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Logos, 2001).

Riyanto, Bambang, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, (Jakarta: Bumi aksara, 2006).

Sukamto, ”Kepemimpinan dan Struktur Kekuasaan Kiai”, Jurnal Prisma, No. 4, April-Mei 1997.

Syam, Nur, “Penguatan Kelembagaan Ekonomi Berbasis Pesantren” dalam A. Halim, dkk., Manajemen Pesantren, (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005).

Waheeda, Umi, Profil Al-Ashriyah Nurul Iman Islamic Boarding School, (Profil Yayasan, Parung Bogor, Januari 2014).

Wahid, Abdurrahman, Principle of Pesantren Education , The Impact of Pesantren in Education and Community Development in Indonesia (Berlin; Technical University Berlin, 1987).

Wahid, Marzuki, et al., Pesantren Masa Depan Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Martin van Bruinessen, NU Tradisi Relasi-Relasi Kuasa Pencarian Wacana Baru, terj. LKIS (Yogyakarta; LKIS, 1994).

Wahjortomo, Perguruan Tinggi Pesantren (Jakarta: Gema Insani Press, 1997).

Yasmadi, Modernisasi Pesantren; Kritik Nurcholish Madjid terhadap Pendidikan Islam Tradisional, (Ciputat: Quantum Teaching, 2002), Edisi Revisi.

Ziemek, Manfred, Pesantren dalam Perubahan Sosial, (Jakarta: P3M, 1983).




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v11i2.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com