Pengaruh Kompetensi Profesional dan Motivasi Guru PAI Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Se-Kota Banda Aceh

Muhsin Muhsin

Abstract


Abstract
This research is an efort “to know” how great the influence of professional competence and motivation of Islamic Studies’s teacher on students’s achievement in the city of Banda Aceh. Problem that would be solved in this research is: Do professional competence and work motivation, individually and simultaneously influence students’s achievement in entire city of Banda Aceh?
Using quantitative approach and statistical analysis of correlation and multiple regression, the result of this research shows that students’s achievement in the city of Banda Aceh is more significantly influenced by teacher motivation of work than by professional competence.

Keywords: Professional Competence, Motivation, Achievement








Abstrak
Penelitian ini merupakan suatu upaya “mencari tahu” seberapa besar pengaruh kompetensi professional dan motivasi guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi siswa di Kota Banda Aceh. Rumusan masalah yang ingin dijawah dalam penelitian ini adalah; apakah terdapat pengaruh kompetensi professional, motivasi kerja, atau gabungan antara kompetensi profesional dan motivasi kerja guru PAI terhadap prestasi belajar siswa se-Kota Banda Aceh.
Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis menggunakan uji statistik korelasi dan regresi beranda, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja guru lebih signifikan pengaruhnya daripada kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa di Kota Banda Aceh.

Kata Kunci: Kompetensi profesional, Motivasi, Prestasi

Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma`mur, Kompetensi guru Menyenangkan dan Profesional, Yogjakarta: Power Books (IHDINA), 2009.

Danim, Sudarwan, Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Gojali, Imam dan Umiarso, Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: IRCiSoD, 2010.

Gulo, W. 2002.Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Harun, Cut Zahri, Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Yokyakarta: Pena Persada, 2009.

Imron, Ali, Pembinaan Guru Indonesia, Jakarta: Pustaka Jaya, 1995.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Misaka Galizaa, 2003.

Mulyasa, E., Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Purwanto, M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta, 2010.

Roestiyah NK. Ny., Kompetensi Mengajar Guru, Jakarta: Gramedia, 1979.

Sagala, Syaiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Al Fabeta, tt.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 1988.

Sortjipto dan Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Supriyadi, Dedi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2002.

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Undang-undang Guru dan Dosen No. 14, serta PP No.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, 2005.

Uno, Hamzah, Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Usman, Nasir, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru.Bandung: Mutiara Ilmu, 2007.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Wibowo, Mungin Eddy, Paradigma Bimbingan dan Konseling, Semarang: DEPDIKNAS, 2001.

Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta: Bigraf, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v11i2.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com