DIGITAL LIBRARY OF AL-QUR`AN (DILIA) DARI KHAZANAH PESANTREN UNTUK DUNIA ISLAM

Achmad Zayadi

Abstract


Abstract
Nowadays Islamic boarding school has used Information and Communication Technologies (ICT) as learning method. Thus, honestly we also elaborate that ICT is still seldom used for needs of school library services. Although how students learn still much traditionally, their interaction with outside world causes they have many choices to determine how to learn. Their necessary on information quickly, easily, and accurately is not inevitable. Library as informative service media still seldom gives services related the students’ need. The library in boarding school is still seen styled with traditional concept and collection served to reader with analog model. Supposedly, the library needs to be reorganized with the service concept in a digital format.
The writing on this scientific work is supposed to give concrete opinion in participating khazanah knowledge about reading resource that exists in Islamic boarding school. Because a book is the gate of science, if we don’t preserve by keeping book, so we will come into the hall of ignorance. This writing is little bit consulting to answer the problems about how to improve educational world in Islamic boarding school, one of them is to participate to keep preservation of reading materials and makes reader (read: students) interested and happy to read and become reading event as culture continuously.
Keywords: Digital Libraries, Education of Islamic Boarding School (pesantren)


Abstrak
Dunia pesantren saat ini sudah banyak yang menggunakan ICT sebagai media belajar. Namun secara jujur juga kita ungkapkan bahwa ICT masih jarang digunakan untuk kebutuhan layanan perpustakaan pesantren. Walaupun cara belajar santri masih banyak yang tradisional, namun persinggungan mereka dengan dunia luar menyebabkan mereka punya banyak pilihan dalam menentukan cara belajar, kebutuhan mereka pada informasi yang cepat, mudah, dan akurat sudah tidak terelakkan lagi. Perpustakaan sebagai media layanan informasi masih jarang memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan santri. Perpustakaan di pesantren masih terlihat ditata dengan konsep tradisional dan koleksipun dihidangkan ke pembaca dengan model analog. Seharusnya, perpustakaan perlu ditata ulang dengan konsep layanan dalam format digital.
Tulisan dalam karya ilmiah ini dimaksudkan memberikan usulan konkrit di dalam ikut melestariskan khazanah keilmuan berupa sumber bacaan yang ada di Pesantren. Sebabbuku adalah gerbang ilmu, jika kita tidak menjaga kelestarian buku, maka kita sama saja masuk ke lorong kebodohan. Tulisan ini sedikit urun rembuk menjawab persoalan bagaimana memajukan dunia pendidikan di Pesantren, salah satunya adalah dengan turut serta menjaga kelestarian bahan bacaan dan menjadikan pembaca (baca: santri) tertarik dan senang untuk membaca dan menjadikan kegiatan membaca sebagai budaya yang kontinyu.

Kata Kunci: Perpustakaan Digital, Pendidikan Pesantren

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul Rachman Shaleh, Pendidikan Agama dan Keagamaan. Visi, Misi dan Aksi, Jakarta, GemaWindu Panca Perkasa, 2000.

Arif Suprabowo, Pemanfaatan Jaringan INHERENT Dengan Membangun Perpustakaan Digital Menggunakan Aplikasi GDL4.2, Makalah disampaikan dalam Workshop Pengelola Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Bogor, 2008.

Asrarun Ni`am Sholeh, Perpustakaan Jendela Peradaban, Sawangan Depok, Elsas, 2008.

Cr1, ed, ferry, Peradaban Islam Fleksibel, Jakarta, Harian Republika, 15 Juni 2010.

Djembar Lembasono, Indonesia DLN dalam membangun jaringan Digital Library di Indonesia, Makalah disampaikan dalam Workshop Pustakawan Perguruan Tinggi Swasta, 2008.

http://id.wikipedia.org/wiki/

Michael B. Fecko, Electronic Resourse, Access and Issues, London: Bowker-Saur, 1997.

Nurcholish Madjid, Islam Kemodernan dan Keindonesiaan, Bandung, Mizan, 1994.

S. Haigh, Connectivity, Content And Collaboration: The Canadian Digital Library experience, Hershey, USA: Idea Group Publishing, 2000.

Umar Al-Haddad, Makalah Pembelajaran Tafsir berbasis ICT, disampaikan pada acara Training untuk Guru Tafsir yang diadakan oleh Pusat Studi al-Qur`an (PSQ) Ciputat bertempat di STAI Darussalam Propinsi Lampung Timur, tanggal 27 Juni 2010.

William Y. Arms, Digital Libraries, Cambridge, Massachusetts: The MIT Press, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v12i2.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com