INTERNALISASI NILAI-NILAI HUMANISME ISLAM DALAM PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH

Sholahuddin Zamzambela, Nofi Maria Krisnawati

Abstract


Abstract

This article aims to explain a formula for the process of internalizing the values of Islamic humanism in moderation education. In conducting this study, the author used the library research method. The author blends the values of Islamic humanism then internalized through the theory of social construction developed by Peter L. Berger. Where a social construction is formed through three stages, namely externalization, objectification, and internalization. With this theory, the internalization of humanist values will go through these three processes. Until finally a social construction of society with humanism values will be formed which has become a habitus and penetrated into the subconscious of each individual. Then these values of humenism will then be manifested in a moderate attitude.

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan sebuah formula proses internalisasi nilai-nilai humanisme Islam dalam pendidikan moderasi. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode library research. Penulis memadukan antara nilai-nilai humanisme Islam yang kemudian diinternalisasikan melalui teori konstruksi sosial yang dikembangkan oleh Peter L. Berger. Di mana sebuah konstruksi sosial dibentuk melalui tiga tahapan yakni eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Dengan teori ini maka internalisasi nilai-nilai humanisme akan melalui tiga proses tersebut. Hingga pada akhirnya akan terbentuk sebuah konstruksi sosial masyarakat dengan nilai-nilai humanisme yang telah menjadi sebuah habitus dan merasuk ke dalam alam bawah sadar setiap individu. Lalu nilai-nilai humenisme ini kemudian akan termanifestasikan dalam sebuah sikap moderat.

 


Keywords


humanism; moderation; internalization; Peter L. Berger; humanisme; moderasi; internalisasi; Peter L. Berger

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, Agus. “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia.” Jurnal Diklat Keagamaan Vol. 13, no. 2 (Maret 2019).

Amin, Abd. Rauf Muhammad. “Prinsip Dan Fenomena Moderasi Islam Dalam Tradisihukum Islam.” Jurnal Al-Qalam Vol. 20 (Desember 2014): 25.

Amir, Saiful, dan Andy Hakim. “Pencegahan Sikap Intoleransi Pada Siswa Melalui Penguatan Pendidikan Pancasila (studi Kasus Sma Paba Binjai).” STKIP Bina Bangsa Getsempena, 2018. https://repository.bbg.ac.id/handle/repository.bbg.ac.id/ handle/680.

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2019.

Bakar, Irfan Abu, dan Ahmad Gaus AF. Pesan Damai Pesantren; Bahan Bacaan Kontra Narasi. Yogyakarta: CSRC, 2018.

Berger, Peter. L dan Thomas Luckmann. Tafsir Sosial Atas Kenyataan Sebuah Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. LP3ES, 2012.

Fathi, Rifqi Muhammad. “Interaksi Nabi Muhammad dengan Yahudi dan Kristen.” Jurnal Refleksi Vol. 13, no. 3 (April 2012).

Fatmawati, Fatimah. “Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran (Itp): Dari Resepsi Al-Qur’an Dan Hadis Hingga Konstruksi Sosial.” Satya Widya: Jurnal Studi Agama 4, no. 2 (2021): 66–94.

Haliman, Siti. “Memangkas Paham Intoleran dan Radikalisme Melalui Pembelajaran Agama Islam Yang Bervisi Rahmatan Lil Alamin.” Jurnal Al-Makrifat Vol. 3, no. 2 (Oktober 2018).

Liberta, Ema Frinentia. “Konstruksi Sosial Anak Dalam Serial Novel ‘Mata Karya Okky Madasari’ (Teori Konstruksi Sosial Peter Ludwig Berger).” Bapala 8, no. 5 (2021). https://ejournal.unesa.ac.id.

Mizan, Ahmad Nur. “Peter L. Berger Dan Gagasannya Mengenai Konstruksi Sosial Dan Agama.” Citra Ilmu XII (Oktober 2016).

Mubarok, Ahmad Agis, dan Diaz Gandara Rustam. “Islam Nusantara: Moderasi Islam Di Indonesia.” Journal of Islamic Studies and Humanities Vol. 3, no. 2 (2018): 154.

Muslim, Abu, dan Wilis Werdiningsih. “Pendidikan Moderasi Beragama Dan Simbol Keagamaan (Pembentukan Identitas Islam Moderat Anak Melalui Songkok NU Perspektif Teori Konstruksi Sosial Peter Berger).” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 4, no. 1 (31 Juli 2023): 29–42. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i1.135.

Mustaqim, Abdul. “Argumentasi Keniscayaan Tafsir Maqashidi sebagai Basis Moderasi Islam.” Dalam Teks Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ulumul Qur’an Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019.

Nisar, Mahyuddin, dan Muhammad Ismail. “The Understanding of Religious Moderation and Attitudes Students of Religious Sociology for Social Intolerance Iain Parepare:” SOSIOLOGIA : Jurnal Agama dan Masyarakat 1, no. 2 (23 November 2022): 78–87.

Pohan, Rahmad Asril. Toleransi Inklusif: Menapak Jejak Sejarah Kebabasan Beragama dalam Piagam Madinah. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara, 2014.

Rohimat, Asep Maulana. Metodologi Studi Islam: Memahami Islam Rahmatan Lil’alamin. Surakarta: Gerbang Media, 2018.

Shihab, M. Quraish. Wasathiyah; Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Tangerang: PT. Lentera Hati, 2019.

Shofa, Abd. Mu’id Aris. “Memaknai Kembali Multikulturalisme Indonesia Dalam Bingkai Pancasila.” Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 2016, 34–40.

Songgirin, Amin. “Relevansi Al-Walā’ Dalam Membela Nilai-Nilai Kemanusiaan Perbudakan.” Jurnal Rechtsregel Jurnal Ilmu Hukum Vol. 1, no. 2 (Desember 2018).

Sulaiman, Aimie. “Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger.” Society 4, no. 1 (1 Juni 2016): 15–22. https://doi.org/10.33019/society.v4i1.32.

Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 2 (27 Desember 2019): 323–48. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v19i2.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com