MODERNISASI MANAJEMAN PENDIDIKAN PESANTREN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SANTRI DALAM BERBAHASA ARAB
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to determine the concept, form, and impact of modernization of boarding school education management to improve the ability of students in Arabic. This research is a descriptive qualitative research, with a location at the al-Mawaddah Islamic Boarding School in Jakarta. The results of this study are: 1) Obtaining four concepts of modernization of boarding school education management in al-Mawaddah, namely; a) institutional modernization, b) curriculum modernization, c) modernization of learning aspects, d) modernization of Islamic boarding school facilities. 2) The form of modernization of education management carried out in al-Mawaddah is the realization of Arabic language learning as a language driver, all teachers make maximum efforts to program Arabic learning continuously for 24 hours by implementing various language activities. 3) The impact of the modernization found was; a) can make it easier for students to continue their education to a higher level in the Tengan East area, b) can make it easier to learn the Qur'an and memorize it, c) can make it easier to understand about religions sourced from Arabic d) can facilitate access to information or websites in Arabic, e) Arabic is needed in various fields in countries that use Arabic, f) Arabic is the symbol of Islam and the symbol of muslims.
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep, bentuk, dan dampak modernisasi manajeman pendidikan pesantren untuk meningkatkan kemampuan santri dalam berbahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan lokasi di Pondok Pesantren al-Mawaddah Jakarta. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Memperoleh empat konsep modernisasi manajemen pendidikan pesantren di al-Mawaddah yaitu; a) modernisasi kelembagaan, b) modernisasi kurikulum, c) modernisasi aspek pembelajaran, d) modernisasi sarana pesantren. 2) Bentuk modernisasi manajemen pendidikan yang dilakukan di al-Mawaddah adalah merealisasikan pembelajaran bahasa Arab sebagai penggerak bahasa, segenap guru berupaya maksimal memprogramkan pembelajaran bahasa Arab secara berkelanjutan selama 24 jam dengan menerapkan berbagai kegiatan bahasa. 3) Dampak dari modernisasi yang ditemukan adalah; a) dapat mempermudah santri untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinnggi di daerah Timur Tengan, b) dapat mempermudah mempelajari al-Qur’an dan menghafalkannya, c) dapat mempermudah dalam memahami tentang agama yang bersumber dari bahasa Arab d) dapat mempermudah akses informasi atau website berbahasa Arab, e) bahasa Arab diperlukan dalam berbagai bidang di negara yang menggunakan bahasa Arab, f) Bahasa Arab merupakan syiar Islam dan syiar orang muslimin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Mustopa. “Manajemen Perubahan Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Di Pesantren Fatḥul ‘Ulūm Kwagean Kediri).” dalam Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, Vol. 1, No. 1, 2020.
Amiruddin, Amiruddin. “Pemetaan Kapasitas Pondok Pesantren Di Kabupaten Morowali Dan Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah.” dalam Educandum, Vol. 5, No. 1, 2019.
Bruno, Latour. “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren,” dalam Journal of Chemical Information and Modeling, Vol. 5, No. 1, 2019.
Haryati, dkk. "Dakwah Struktural Sebagai Pengarusutamaan Moderasi Islam Di Indonesia & Brunei Darussalam, dalam Paper Knowledge", dalam Toward a Media History of Documents, 2014.
Komaruddin. “Modernisasi Kurikulum Pesantren Menurut Azyumardi Azra.” dalam Perspektive, Vol. 10, No. 2, 2017.
K.H. Abdillah hasani,MM Ketua Yayasan pesantren Al-Mawaddah, Wawancara, tanggal 28 Agustus 2021
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Ajaran 2019/2020”
Prastowo, Agung Ilham. “(Studi Multikasus Di Pesantren Ta ’ Mirul Islam Surakarta Dan Darul Ukhuwah Malang) (Studi Multikasus Di Pesantren Ta ’ Mirul Islam Surakarta Dan Darul Ukhuwah Malang”, 2018.
Rahman, Aulia. “Peran Lingkungan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Penguasaan Bahasa Arab Pada Pesantren Izzur Risalah Panyabungan.” dalam Prosiding Konferensi Nasional I Hasil Pengabdian Masyarakat, Vol.1, No. 1, 2021.
Service, Total Quality, Vol. 13, No. 2, Desember 2019.
Zailani, A. “Problematika Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren al-Azhar Bi’ibadillah” (2017). http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3205/..
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v18i2.212
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com