Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Dosen Terhadap Kualitas Layanan kepada Mahasiswa STAI Darul Ulum Bayuwangi

Supriyanto Supriyanto

Abstract


One of the efforts to make our higher education institutions to be
in the same level with those of other nations is by improving the
quality of the lecturers and their service to students. The research
was conducted at the STAI Darul Ulum Banyuwangi, with a
population of 132 people and 64 people of sample. The method of
data collection is by using questionnaires and the method of data
analysis is by using the analysis of double regression predictors.
The results of this research show that: firstly, the lecturers’
abilities significantly influence the quality of services to students.
Secondly, the lecturers’ teaching motivation also significantly
influence the quality of services tostudents. Thirdly, the lecturers’
abilities are related to their teaching motivations. Finally the
lecturers’ abilities and the teaching motivation simultaneously
influence the quality of service to students.
Keywords: quantitative design, ability, motivation, and service.

Salah satu usaha untuk menjadikan pendidikan tinggi kita
sejajar dengan bangsa lain, diperlukan perbaikan terutama pada
perbaikan mutu dosen dan kualitas layanan kepada mahasiswa.
Penelitian ini dilakukan di STAI Darul Ulum Banyuwangi,
dengan populasi 132 orang dan sampel 64 orang. Metode
pengumpulan data menggunakan metode angket dan analisis
data menggunakan analisis regresi ganda dua predictor.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; pertama, kemampuan
dosen berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas layanan
kepadamahasiswa;kedua,motivasimengajardosenberpengaruh
secara signifikan terhadap kualitas layanan kepada mahasiswa;
ketiga, kemampuan dosen berhubungan dengan motivasi
mengajar; dan keempat, kemampuan dan motivasi mengajar
dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas
layanan kepada mahasiswa.
Kata Kunci: kuantitatif design, kemampuan, motivasi, layanan.

Full Text:

PDF

References


Somad, Abdul, “Analisis Faktor yang Berhubungan dengan

Kompetensi Mengajar Dosen Mata Kuliah Kebidanan di

Akademi Kebidanan Depkes Jambi,” (Tahun 2001) diakses

dari http: //www. digilib. ui.ac.id/opac/themes/ libri2/ detail.

jsp?id=72297.

Lestari, Anita Tri,“Hubungan Kualitas Layanan Registrasi Akademik

dengan Tingkat Kepuasan Mahasiswa di Perguruan tinggi

Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pasuruan,”

Skripsi,tidakditerbitkan,Malang:UniversitasNegeriMalang,

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,

Yogyakarta:RinekaCipta,1998,Cet.Ke-8,

Benyamin, S. Bloom. Et.all. Evaluation to Improve Learning. New

York:McGraw-HillBookCompany,1981.

Bob Davis. Et.al, Physical Education and The Study of Sport, Second

Edition, Mosby: Times Mirror International Publisher

Limited, 1994.

E. Mulyasa, Menjadi Dosen Profesional, Jakarta: Remaja Rosda

Karya, 2005.

Eko Nugroho, “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai

Kemampuan Dosen Dalam Proses Perkuliahan Dan Motivasi

Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa PPKn

Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik

/2007,” Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah

Surakarta, 2007.

Gaspersz. Vincent, Manajemen Kualitas; Penerapan Konsep–Konsep

Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total, Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama,1997

Hendrik Isu, “Unsur Kreatifitas dalam Supervisi Pengajaran dan

Pengembangan Situasi Belajar Mengajar,” Tesis, Bandung:

FSP IKIP,1996.

Lovelock, Christoper, H, Managing Services: Marketing, Operations

and Human Resources, New Jersey: Prentice Hall Englewood

Cliffs, 1992

Mangunhardjana, A. M., Mengembangkan Kreativitas, (terj. Dari

David Cambell), Jakarta: Kanisius, 1986.

Masri Singarimbun, Metode Penelitian Survai, Jakarta: Rajawali,

Parasuraman, A., Dilivering Quality Service. Balancing Customer

PerceptionsandExpectations.NewYork:TheFreePress,1994.

Piers,E.V. ”Creativity” dalam J.F. Adam (Ed.), Undertanding

Adolescence: Current Developments in Adolescence Psychology,

Boston: Allyn & Bacon, 1976.

R. Terry, George, Prinsip-Prinsip Manajemen, Bumi Aksara. Jakarta.

Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: CV.Alfabeta,

Robbins, Stephen P,Perilaku Organisasi, (Terjemahan), Jakarta:

Indeks Kelompok Gramedia, 2006.

Sahlan, Sulaiman, Multi Dimensi Sumber Kreativitas Manusia,

Bandung: Sinar Baru, 1988.

Sedarmayanti. Sumberdaya Manusia dan Produktivitas Kerja,

Bandung: Ilham Jaya, 2001.

Semiawan, Conny, Memupuk Bakat dan Kreativitas Mahasiswa

Perguruan Tinggi, Jakarta: Gramedia, 1984

Sumarsono, Sonny, Metode Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta:

Graha Ilmu,2004.

Rahayu, Sri Budi, Pengaruh Kemampuan dan Motivasimengajar

Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Rumah

Sakit Santo Boromoeous Bandung, Bandung: Universitas

Pendidikan Indonesia,2004.

Kusumadewi, Sri, “Fuzzy Quantification Theory Untuk Analisis

Hubungan Antara Penilaian Kinerja Dosen Oleh Mahasiswa,

Kehadiran Dosen, Dan Nilai Kelulusan Mahasiswa,” Jurnal

Media Informatika, Vol. 2, No. 1, Juni 2004, 1-1.

Sulastri, Sri, Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi mengajar

Terhadap Prestasi Kerja Dosen (PPS), Bandung: Universitas

Pajajaran, 2002.

Widayati, Sri, dkk., Reformasi Pendidikan Dasar. Diterbitkan atas

Kerjasama Universitas Katholik Atma Jaya Jakarta, Jakarta:

Penerbit Grasindo,2002.

Sudarmanto, YB., Tuntunan Metodologi Belajar, Jakarta: Kerjasama

Univeritas Katolik Soegijapranata Semarang dan Gramedia

Widiasarana Indonesia, 1995

Sudjana, Endang, ”Hubungan Kepuasan Kerja dengan Kreativitas

Dosen dalam Proses Belajar Mengajar,”Tesis,Program Pasca

SarjanaUniversitasPendidikanIndonesia.Bandung,2000

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabetha,

Suharto, Nugraha, ”Pelaksanaan Penilaian Jabatan Fungsional

Dosen dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Kinerja Dosen

Perguruan Tinggi,” Tesis Program Pasca Sarjana Universitas

Pendidikan Indonesia, Bandung, 2000.

Sulistyowati. “Pengaruh Persepsi Dosen tentang Keterampilan

Kepemimpinan Kepala Perguruan tinggi terhadap Kualitas

Layanan(StudipadaDosenSMAN1Blitar),”Skripsi,Program

Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas

Ekonomi, Universitas Negeri Malang. 2009.

Supriadi, Dedi, Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan Iptek,

Bandung: Alfabeta,2006.

Supriyanto, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kyai, Profesionalisme

Pengurus dan Kontribusi Alumni dalam Pemberdayaan

Koperasi Pondok Pesantren,” Jakarta: Kementrian Agama RI,

Supriyanto, “Pengembangan Perekonomian Pesantren dalam

Perspektif Pendidikan Ekonomi: Studi Multi Situs di PP

Pasuruan dan PP Minhajut Thullab Banyuwangi,” Disertasi,

tidakDiterbitkan,Malang:UniversitasNegeriMalang,2010

Supriyanto. “Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Guru Terhadap

Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Guru IPS SMA

Kabupaten Banyuwangi” Tesis, tidak diterbitkan, Malang:

Universitas Kanjuruhan Malang, 2006.

Suradinata, Ermaya, Lembaga Pendidikan Tinggi dan Manajemen

Pemerintahan, Bandung: Romadan, 1996.

Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung:

Tarsito, 1994

Susanti, Ida dan Seto Bayu, ”Aspek Hukum dari Perdagangan Bebas:

Menelaah Kesiapan Hukum Indonesia dalam Melaksanakan

Perdagangan Bebas,” Bandung: Fakultas Hukum Universitas

Katolik Parahyangan,2003.

Sutaryadi (ed), Administrasi Pendidikan: Teori, Riset dan Praktis,

Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Sutermeister. R.A. People and Productivity (Third Edition), New

York: Mc. Grow Hill Book Company, 1976.

Syarif, Rusli, Produktivitas, Bandung: Angkasa, 1991.

The QS Words University Rangkings. Quacquarelly Symonds. 2009.

Publikasi oleh http: www. ruanghati. com. Desember. 2010.

Dapat diakses juga di http://i684. photobucket. com/albums

/vv210/mesinkasir/metode.png.

Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 1996.

Tommy Joesoef, Pengaruh Kinerja Dosen Terhadap Kualitas

Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Dustira Cimahi, Bandung:

Universitas Pajajaran,2001.

Tri Kurniawati, ”Pengujian tentang Pengaruh Kualitas Layanan

Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan

MotivasiBelajarsebagaiInterveningVariable,”Tesis,Malang:

Program PascaSarjana Universitas Negeri Malang, 2010.

Trisno HadiSubroto, Pengajaran Reflektif,Surabaya: Kerjasama SIC

SurabayadanLPMIKIPSurabaya,2004

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Dosen Profesional,Bandung: Remaja

Rosdakarya, 1992.

Widayat, Metode Penelitian Pemasaran; Aplikasi Sofware SPSS,

Malang: UMM Press, 2004.

Zaini Hasan, H.M., ”Statistika, Kumpulan Materi 1,” Bahan

Perkuliahan Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan

Malang, 2005

Zethami Valirie. A. Parasuraman A. Leonard L. Berry, Delivering

Quality Service. Balancing Customer Perceptions and

Expectations, New York: The Free Press, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com