Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Dosen Terhadap Kualitas Layanan kepada Mahasiswa STAI Darul Ulum Bayuwangi
Abstract
in the same level with those of other nations is by improving the
quality of the lecturers and their service to students. The research
was conducted at the STAI Darul Ulum Banyuwangi, with a
population of 132 people and 64 people of sample. The method of
data collection is by using questionnaires and the method of data
analysis is by using the analysis of double regression predictors.
The results of this research show that: firstly, the lecturers’
abilities significantly influence the quality of services to students.
Secondly, the lecturers’ teaching motivation also significantly
influence the quality of services tostudents. Thirdly, the lecturers’
abilities are related to their teaching motivations. Finally the
lecturers’ abilities and the teaching motivation simultaneously
influence the quality of service to students.
Keywords: quantitative design, ability, motivation, and service.
Salah satu usaha untuk menjadikan pendidikan tinggi kita
sejajar dengan bangsa lain, diperlukan perbaikan terutama pada
perbaikan mutu dosen dan kualitas layanan kepada mahasiswa.
Penelitian ini dilakukan di STAI Darul Ulum Banyuwangi,
dengan populasi 132 orang dan sampel 64 orang. Metode
pengumpulan data menggunakan metode angket dan analisis
data menggunakan analisis regresi ganda dua predictor.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; pertama, kemampuan
dosen berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas layanan
kepadamahasiswa;kedua,motivasimengajardosenberpengaruh
secara signifikan terhadap kualitas layanan kepada mahasiswa;
ketiga, kemampuan dosen berhubungan dengan motivasi
mengajar; dan keempat, kemampuan dan motivasi mengajar
dosen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kualitas
layanan kepada mahasiswa.
Kata Kunci: kuantitatif design, kemampuan, motivasi, layanan.
Full Text:
PDFReferences
Somad, Abdul, “Analisis Faktor yang Berhubungan dengan
Kompetensi Mengajar Dosen Mata Kuliah Kebidanan di
Akademi Kebidanan Depkes Jambi,” (Tahun 2001) diakses
dari http: //www. digilib. ui.ac.id/opac/themes/ libri2/ detail.
jsp?id=72297.
Lestari, Anita Tri,“Hubungan Kualitas Layanan Registrasi Akademik
dengan Tingkat Kepuasan Mahasiswa di Perguruan tinggi
Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pasuruan,”
Skripsi,tidakditerbitkan,Malang:UniversitasNegeriMalang,
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek,
Yogyakarta:RinekaCipta,1998,Cet.Ke-8,
Benyamin, S. Bloom. Et.all. Evaluation to Improve Learning. New
York:McGraw-HillBookCompany,1981.
Bob Davis. Et.al, Physical Education and The Study of Sport, Second
Edition, Mosby: Times Mirror International Publisher
Limited, 1994.
E. Mulyasa, Menjadi Dosen Profesional, Jakarta: Remaja Rosda
Karya, 2005.
Eko Nugroho, “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai
Kemampuan Dosen Dalam Proses Perkuliahan Dan Motivasi
Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa PPKn
Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik
/2007,” Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah
Surakarta, 2007.
Gaspersz. Vincent, Manajemen Kualitas; Penerapan Konsep–Konsep
Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total, Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama,1997
Hendrik Isu, “Unsur Kreatifitas dalam Supervisi Pengajaran dan
Pengembangan Situasi Belajar Mengajar,” Tesis, Bandung:
FSP IKIP,1996.
Lovelock, Christoper, H, Managing Services: Marketing, Operations
and Human Resources, New Jersey: Prentice Hall Englewood
Cliffs, 1992
Mangunhardjana, A. M., Mengembangkan Kreativitas, (terj. Dari
David Cambell), Jakarta: Kanisius, 1986.
Masri Singarimbun, Metode Penelitian Survai, Jakarta: Rajawali,
Parasuraman, A., Dilivering Quality Service. Balancing Customer
PerceptionsandExpectations.NewYork:TheFreePress,1994.
Piers,E.V. ”Creativity” dalam J.F. Adam (Ed.), Undertanding
Adolescence: Current Developments in Adolescence Psychology,
Boston: Allyn & Bacon, 1976.
R. Terry, George, Prinsip-Prinsip Manajemen, Bumi Aksara. Jakarta.
Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: CV.Alfabeta,
Robbins, Stephen P,Perilaku Organisasi, (Terjemahan), Jakarta:
Indeks Kelompok Gramedia, 2006.
Sahlan, Sulaiman, Multi Dimensi Sumber Kreativitas Manusia,
Bandung: Sinar Baru, 1988.
Sedarmayanti. Sumberdaya Manusia dan Produktivitas Kerja,
Bandung: Ilham Jaya, 2001.
Semiawan, Conny, Memupuk Bakat dan Kreativitas Mahasiswa
Perguruan Tinggi, Jakarta: Gramedia, 1984
Sumarsono, Sonny, Metode Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta:
Graha Ilmu,2004.
Rahayu, Sri Budi, Pengaruh Kemampuan dan Motivasimengajar
Perawat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Rumah
Sakit Santo Boromoeous Bandung, Bandung: Universitas
Pendidikan Indonesia,2004.
Kusumadewi, Sri, “Fuzzy Quantification Theory Untuk Analisis
Hubungan Antara Penilaian Kinerja Dosen Oleh Mahasiswa,
Kehadiran Dosen, Dan Nilai Kelulusan Mahasiswa,” Jurnal
Media Informatika, Vol. 2, No. 1, Juni 2004, 1-1.
Sulastri, Sri, Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi mengajar
Terhadap Prestasi Kerja Dosen (PPS), Bandung: Universitas
Pajajaran, 2002.
Widayati, Sri, dkk., Reformasi Pendidikan Dasar. Diterbitkan atas
Kerjasama Universitas Katholik Atma Jaya Jakarta, Jakarta:
Penerbit Grasindo,2002.
Sudarmanto, YB., Tuntunan Metodologi Belajar, Jakarta: Kerjasama
Univeritas Katolik Soegijapranata Semarang dan Gramedia
Widiasarana Indonesia, 1995
Sudjana, Endang, ”Hubungan Kepuasan Kerja dengan Kreativitas
Dosen dalam Proses Belajar Mengajar,”Tesis,Program Pasca
SarjanaUniversitasPendidikanIndonesia.Bandung,2000
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabetha,
Suharto, Nugraha, ”Pelaksanaan Penilaian Jabatan Fungsional
Dosen dan Pengaruhnya terhadap Kualitas Kinerja Dosen
Perguruan Tinggi,” Tesis Program Pasca Sarjana Universitas
Pendidikan Indonesia, Bandung, 2000.
Sulistyowati. “Pengaruh Persepsi Dosen tentang Keterampilan
Kepemimpinan Kepala Perguruan tinggi terhadap Kualitas
Layanan(StudipadaDosenSMAN1Blitar),”Skripsi,Program
Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas
Ekonomi, Universitas Negeri Malang. 2009.
Supriadi, Dedi, Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan Iptek,
Bandung: Alfabeta,2006.
Supriyanto, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kyai, Profesionalisme
Pengurus dan Kontribusi Alumni dalam Pemberdayaan
Koperasi Pondok Pesantren,” Jakarta: Kementrian Agama RI,
Supriyanto, “Pengembangan Perekonomian Pesantren dalam
Perspektif Pendidikan Ekonomi: Studi Multi Situs di PP
Pasuruan dan PP Minhajut Thullab Banyuwangi,” Disertasi,
tidakDiterbitkan,Malang:UniversitasNegeriMalang,2010
Supriyanto. “Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Guru Terhadap
Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Guru IPS SMA
Kabupaten Banyuwangi” Tesis, tidak diterbitkan, Malang:
Universitas Kanjuruhan Malang, 2006.
Suradinata, Ermaya, Lembaga Pendidikan Tinggi dan Manajemen
Pemerintahan, Bandung: Romadan, 1996.
Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung:
Tarsito, 1994
Susanti, Ida dan Seto Bayu, ”Aspek Hukum dari Perdagangan Bebas:
Menelaah Kesiapan Hukum Indonesia dalam Melaksanakan
Perdagangan Bebas,” Bandung: Fakultas Hukum Universitas
Katolik Parahyangan,2003.
Sutaryadi (ed), Administrasi Pendidikan: Teori, Riset dan Praktis,
Surabaya: Usaha Nasional, 1993.
Sutermeister. R.A. People and Productivity (Third Edition), New
York: Mc. Grow Hill Book Company, 1976.
Syarif, Rusli, Produktivitas, Bandung: Angkasa, 1991.
The QS Words University Rangkings. Quacquarelly Symonds. 2009.
Publikasi oleh http: www. ruanghati. com. Desember. 2010.
Dapat diakses juga di http://i684. photobucket. com/albums
/vv210/mesinkasir/metode.png.
Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 1996.
Tommy Joesoef, Pengaruh Kinerja Dosen Terhadap Kualitas
Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Dustira Cimahi, Bandung:
Universitas Pajajaran,2001.
Tri Kurniawati, ”Pengujian tentang Pengaruh Kualitas Layanan
Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang dengan
MotivasiBelajarsebagaiInterveningVariable,”Tesis,Malang:
Program PascaSarjana Universitas Negeri Malang, 2010.
Trisno HadiSubroto, Pengajaran Reflektif,Surabaya: Kerjasama SIC
SurabayadanLPMIKIPSurabaya,2004
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Dosen Profesional,Bandung: Remaja
Rosdakarya, 1992.
Widayat, Metode Penelitian Pemasaran; Aplikasi Sofware SPSS,
Malang: UMM Press, 2004.
Zaini Hasan, H.M., ”Statistika, Kumpulan Materi 1,” Bahan
Perkuliahan Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan
Malang, 2005
Zethami Valirie. A. Parasuraman A. Leonard L. Berry, Delivering
Quality Service. Balancing Customer Perceptions and
Expectations, New York: The Free Press, 1990.
DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v13i2.154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com