Pengeruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Motivasi Belajar Mata Kuliah Masa'ilul Fiqhiyah Mahasiswa STAI Alhikmah Jakarta

Viika Amalia Ainuha Wati, Taufik Abdillah Syukur

Abstract


This study aims to find out the influence of learning strategies
active knowledge sharing on learning motivation masa’ilul
fiqhiyah courses students of Islamic High School ALHIKMAH
Jakarta. The method used through a quantitative approach
and using a simple regression statistical test. The results of the
study showed that there was a significant effect between active
knowledge sharing learning strategies on learning motivation
at the masa’ilul fiqhiyah. This is evidenced by the acquisition of
r count> r table (0.871> 0.361) which means Ha is accepted and
Ho is rejected. And the magnitude of the effect of active knowledge
sharing learning strategies on learning motivation was 75,8%,
while 24,2% of learning motivation was influenced by other
variables not examined.
Keywords: Strategies Active Knowledge Sharing; Motivation;
Masa’ilul Fiqhiyah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh
strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap
motivasi belajar matakuliah masa’ilul fiqhiyah mahasiswa
STAI ALHIKMAH Jakarta. Metode yang digunakan melalui
pendekatan kuantitatif dan menggunakan uji statistic regresi
sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran active
knowledge sharing terhadap motivasi belajar matakuliah
masa’ilul fiqhiyah mahasiswa STAI ALHIKMAH Jakarta. Hal ini
dibuktikan dengan perolehan r hitung > r tabel (0,871 > 0,361)
yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dan besarnya pengaruh
strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap
motivasi belajar matakuliah masa’ilul fiqhiyah mahasiswa STAI
ALHIKMAH Jakarta sebesar 75,8 %, sedangkan 24,2% motivasi
belajar dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing;
Motivasi Belajar; Masa’ilul Fiqhiyah.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majib, Strategi Pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya,

Abdurrohman Kasdi, Masail Fiqhiyyah, Kudus : Nora Media

Enterprise.

Anisah Basleman dan Syamsu Mappa, Teori Belajar Orang Dewasa,

Bandung :Remaja Rosdakarya, 2011.

Asri Nafi’a Dewi, “Pengaruh Penggunaan Model Active Knowledge

Sharing terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar

Siswa SMA N 2 Karanganyar,”Penelitian disampaikan pada

Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi, FKIP Universitas

Sebelas Maret, Surakarta.

Daniel Muijis dn David Reynolds, Effective Teaching Evidence and

Practice, London: SAGE Publication Ltd, 2005.

Desi Purwaningsih, Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran

Active Knowledge Sharing terhadap Hasil Belajar Biologi,

Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5

Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan,

Vol.3 no , September 2011.

Hasyim Zaini, Strategi Pembelajaran Active, Yogyakarta: Pustaka

Insan Madani, 2008.

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja

Rosdakarya, 1998.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru,

Bandung : Rosdakarya, 2008, Cet ke-14.

Oxford Fajar Sdn. Bhd, Oxford Student’s Dictionary of English,

Malaysia : Fajar Bakti Sdn. Bhd, 2007.

Pat Hollingsworth dan Gina Lewis, Pembelajaran Aktif: Meningkatkan

Keasyikan Kegiatan di Kelas, Jakarta : Indeks, 2008.

S. Nasution, Didaktif Asas-asas Mengajar, Bandung : Jemmars,

__________, Teknologi Pendidikan, Bandung : Bumi Aksara, 1982.

Sardiman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta :

Raja Grafindo Persada, 2007), h.73

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka

Cipta, 2002.

Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Pengantar Ilmu Fiqih,

Semarang : PT. Pustaka Rizki Putra, 1999, Edisi Kedua.

W.S Winnkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta :PT.

Gramedia, 1983.




DOI: http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v15i1.133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ALHIKMAH Islamic Studies Institute (STAI ALHIKMAH) Jakarta Jl. Jeruk Purut No. 10 Cilandak Timur Pasar Minggu Jakarta Selatan 12650 Telp/Fax. (021) 7890521 E-mail: staialhikmahjakarta10@gmail.com/jurnal_hikmah@yahoo.com